Dosen PCR Hibahkan Stasiun Pengisian Smartphone Berbasis Tenaga Surya ke SMAN 3 Pekanbaru

Pekanbaru (19/10) - Mendukung kampanye energi bersih, dosen Program Studi Teknologi Rekayasa Jaringan Telekomunikasi (TRJT) dan Teknik Elektronika Telekomunikasi (TET) membuat stasiun pengisian baterai smartphone. Stasiun pengisian baterai dibuat dengan memanfaatkan panel surya sebagai sumber energi. Stasiun pengisian baterai ini dihibahkan ke SMAN 3 Pekanbaru pada 3 September 2023.

 

Kegiatan hibah ini merupakan bagian dari kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang dilakukan oleh staf pengajar di Politeknik Caltex Riau. Pengabdian kepada Masyarakat merupakan kegiatan wajib dilaksanakan oleh dosen yang menjadi bagian dari tri dharma perguruan tinggi.

Kegiatan PkM ini dilakukan oleh Noptin Harpawi, S.T., M.T. selaku ketua tim, Yuli Triyani, S.S.T., M.Eng., Wahyuni Khabzli, S.T. M.T. serta dibantu oleh beberapa mahasiswa dari kedua program studi tersebut.

Noptin mengatakan bahwa saat ini Smartphone menjadi kebutuhan penting dalam kehidupan termasuk juga dalam dunia pendidikan.

“Pemanfaatan Smartphone di dunia pendidikan sangat cepat perkembangannya. Pada saat proses belajar siswa dalam hal penelusuran informasi, diskusi online, pengumpulan tugas dan lain-lain kini menjadi mudah. Oleh sebab itu kebutuhan akan sumber pengecasan pasti akan meningkat seiring meningkatnya aktivitas penggunaan smartphone. Ini adalah salah satu solusi untuk melayani kebutuhan tersebut,” ungkap Noptin

Noptin juga mengatakan portable PLTS untuk pengisian daya smartphone yang kami buat ini memanfaatkan sinar matahari sebagai sumber daya listrik dengan kapasitas panel 50WP. Teknologi ini selain ramah lingkungan juga tidak membebani biaya listrik sekolah. Dengan adanya alat ini maka edukasi secara langsung/praktik pemanfaatan energi terbarukan dapat dilakukan kepada para siswa.

Perancangan dan pembuatan dilakukan sendiri oleh tim Dosen bersama beberapa orang mahasiswa. Prinsip kerja dari alat ini adalah mengubah energi matahari akan dikonversi menjadi energi listrik oleh solar panel.

“Energi ini akan disimpan ke baterai melalui solar charger 12V dan dengan bantuan down converter maka akan dihasilkan tegangan DC 5 V dan dihubungkan ke USB. Kami berharap alat ini dapat membantu kebutuhan pengisian daya ponsel di sekolah, mengurangi beban listrik sekolah dan pastinya menjadi wadah edukasi yang komprehensif tentang energi terbarukan kepada warga SMAN 3 Pekanbaru,” ungkap Noptin.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMAN 3 Pekanbaru H. Erdani, S.Pd.,M.M. mengucapkan terimakasih atas kontribusi PCR yang diberikan kepada SMAN 3 Pekanbaru berupa stasiun pengisian baterai smartphone.

“Terima kasih kami ucapkan kepada Politeknik Caltex Riau khususnya untuk Program Studi Teknik Elektronika Telekomunikasi dan Teknologi Rekayasa Jaringan Telekomunikasi atas terjalinnya kerja sama antara PCR dengan SMAN 3 Pekanbaru dalam bentuk Pengabdian kepada Masyarakat. Kami sangat senang dengan adanya program seperti ini dan sangat bermanfaat bagi sekolah. SMAN 3 siap menerima program-program selanjutnya,” pungkasnya

 

  • Berita
Bagikan ke teman