Dosen TI PCR Berikan Pelatihan dan Pengembangan Media Pembelajaran Bagi Guru Bidang Studi SMAN 5 Pekanbaru Berbasis AI

Pekanbaru (20/11) – Dalam rangka meningkatkan kemampuan dan literasi pendidik dan guru guru bidang studi, sejumlah dosen dan mahasiswa dari program studi Teknik Informatika Politeknik Caltex Riau memberikan Pelatihan berbasis kecerdasan buatan (AI) untuk pengembangan Media Pembelajaran bagi Guru guru Bidang Studi. Pelaksanaan PKM ini terlaksana melalui kerja sama mitra antara Politeknik Caltex Riau dengan SMA Negeri 5 Pekanbaru.

 

Pihak sekolah sebagai tuan rumah sekaligus para guru bidang menjadi peserta pelatihan yang akan diberikan pendampingan serta memfasilitasi tempat pelaksanaan kegiatan pelatihan. Kegiatan pelatihan ini merupakan salah satu kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang wajib dilakukan sebagai bentuk pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Dosen yang terlibat dalam program pelatihan ini adalah Ibnu Surya, S.T., M.T., selaku ketua PKM, anggota Khairul Umam Syaliman, S.T., M.Kom. dan Erzi Hidayat, S.T., M.Kom. Program PkM ini juga dibantu oleh sejumlah mahasiswa diantaranya Muhammad Chicco Ramadhan, Muhammad Fajri Afriyansyah dan Septian Rizqa Arya Gina.

Ibnu mengungkapkan bahwa tujuan dilakukan program PkM dengan bentuk Pelatihan ini adalah sebagai upaya untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi para guru bidang studi tentang kecerdasan buatan (AI) sebagai perangkat yang dapat digunakan dalam mengembangkan media ajar bidang studi. Hal ini juga sebagai bentuk perhatian kami pada kondisi pesatnya perkembangan teknologi AI khususnya penggunaan ChatGPT sebagai tantangan menghadapi peserta didik dan menyikapi bijak kompleksitas dari tantangan tersebut, seperti menyiapkan bahan ajar dari materi hingga contoh dan pengayaan pemecahan soal serta perubahan teknologi yang cepat sehingga mengharuskan kita untuk memberikan pemahaman kepada peserta agar lebih mempunyai peran dan tanggungjawab yang berorientasi pada proses untuk mendapatkan hasil bukan hanya sekedar hasil akhir.

“Harapan kita semua dengan adanya pelatihan ini adalah para guru dapat mengenal salah satu perangkat bantu kecerdasan buatan dan mengoptimalkannya untuk mengembangkan perangkat ajar dengan bantuan Teknologi AI,” ungkapnya.

Sementara itu, Hj. Elmi Gurita, M.Pd selaku Kepala Sekolah menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kolaborasi yang baik sebagai mitra kerjasama antara SMAN 5 dengan PCR sekaligus intitusi bidang vokasi. Kegiatan ini sangat memberikan kesan positif dan manfaat yang besar bagi guru guru bidang studi dalam pemanfaatan teknologi kecerdasan buatan (AI) untuk kebutuhan pengembangan media pembelajaran.

“Saya berharap kedepannya kegiatan dalam rangka peningkatan kemampuan/ keterampilan dan wawasan/ pengetahuan bagi pendidik dapat terus berjalan dengan baik agar dapat mengetahui dan mengimbangi pesatnya kemajuan perkembangan teknologi,” ungkapnya.

Dari hasil evaluasi kepuasan kegiatan, para peserta memberikan feedbaik yang baik diantaranya sekitar 63% kegiatan ini dapat meringankan dan membantu pekerjaan dalam membuat perangkat pembelajaran cepat dan akurat, 35% dapat menambah pengetahuan, wawasan dan ilmu baru bagi para guru. Para peserta berharap kegiatan pelatihan ini dapat terus berlanjut lagi kedepannya.

  • Berita
Bagikan ke teman