Dosen PCR Gelar Sosialisasi Media Pembelajaran Interaktif Tata Surya di SD Al Ittihad Pekanbaru

Pekanbaru (13/12) – Sejumlah dosen dan mahasiswa Politeknik Caltex Riau (PCR) menggelar sosialisasi media pembelajaran interaktif tata surya kepada siswa dan guru  kelas 5 SD Al Ittihad Pekanbaru. Kegiatan ini  telah dilaksanakan pada Jumat, 1 Desember 2023.

 

Kegiatan pelatihan ini merupakan salah satu kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang wajib dilakukan sebagai bentuk pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dosen yang terlibat dalam program pelatihan ini adalah  Meilany Dewi, S.T., M.T., Rika Perdana Sari, S.T., M.Eng. dan Dr. Eng. Yoanda Alim Syahbana S.T., M.Sc.  Program PkM ini juga dibantu oleh sejumlah mahasiswa Muhammad Afdhal, Wiwin Sigalingging, Silvia Patresia dan Doni Kurniawan.

Meilany Dewi selaku ketua PkM mengatakan kegiatan ini bertujuan mensosialisasikan penggunaan aplikasi pembelajaran interaktif untuk materi tata surya di mata pelajaran IPA.

”Materi pembelajaran interaktif meliputi matahari sebagai pusat tata surya dan planet yang mengelilinginya. Pemilihan materi tata surya disebabkan karena materi merupakan materi yang sulit untuk dijelaskan bagi guru jika tanpa dukungan media pembelajaran interaktif. Sehingga, adanya media pembelajaran interaktif dari kegiatan PkM ini membuat siswa-siswi lebih aktif, bersemangat, antusias, dan suasana pembelajaran menjadi lebih kondusif. Selain itu, siswa-siswi juga tidak mudah bosan dan pembelajaran yang efektif dan efisien dapat tercapai,” katanya

Meilany juga menambahkan media pembelajaran yang dijelaskan kepada siswa SD Al Ittihad merupakan karya dari mahasiswa PCR.

”Media pembelajaran dalam bentuk aplikasi desktop ini juga merupakan hasil proyek akhir dari Yulistia Bayu Nugraha, mahasiswa PCR. Media ini diharapkan dapat dimanfaatkan secara nyata oleh masyarakat secara luas,” tambahnya

Sepanjang kegiatan PkM, siswa-siswi berkomentar bahwa aplikasi yang dibuat sangat bagus, berguna dan canggih. Aplikasi juga dilengkapi penjelasan sehingga siswa-siswi memahami tentang tata surya berdasarkan penjelasan aplikasi. Siswa-siswi juga dapat mengetahui secara visual bagaimana perputaran planet mengelilingi matahari dan bentuk fisik planet-planet yang unik.

  • Berita
Bagikan ke teman