Kolaborasi dengan Pertamina RU II Dumai, Dosen PCR Kembangkan Sistem Informasi Minyak Jelantah

Pekanbaru (4/1) - Program Studi Teknik Informatika (PSTI) Politeknik Caltex Riau melaksanakan sosialisasi aplikasi SIMINAH (Sistem Informasi Minyak Jelantah) dengan tujuan membantu masyarakat dalam mendaur ulang minyak tidak terpakai (jelantah) menjadi sumber daya yang bermanfaat. Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan pada hari Jumat, 8 Desember 2023, di kantor Kecamatan Dumai Timur.

 

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk Pengabdian kepada Masyarakat dari dosen dan mahasiswa Program Studi Teknik Informatika (PSTI) Politeknik Caltex Riau. Dalam upaya memerangi pencemaran limbah di lingkungan Kota Dumai, sejumlah dosen terlibat aktif dalam program dan kegiatan sosialisasi ini di antaranya adalah Jan Alif Kreshna, S.ST., M.Sc., Silvana Rasio Henim, S.ST, M.T., Kartina Diah Kusuma Wardhani, S.T.,M.T., Juni Nurma Sari, S.Kom.,M.MT, Shumaya Resty Ramadhani, S.ST., M.Sc., Meilany Dewi, S.T., M.T., Puja Hanifah, S.S.T., M.MSI., Yuliska, S.T., M.Eng., Khairul Umam Syaliman, S.T., M.Kom., Erzi Hidayat, S.T., M.Kom., serta Asisten Instruktur Laboran Asmarini. Tak hanya itu, sejumlah mahasiswa yaitu Dimas Nughadi, Boby Hartanto, Josep Ronaldo Francis Siregar, Camelin, Raihan Khairullah, Goh Chok Tong, Holden Tingson, Kelly Chan, dan Chintya Ang juga turut berperan aktif dalam mendukung keberhasilan kegiatan ini.

Pada kegiatan ini, perwakilan kelurahan dari enam wilayah di Kecamatan Dumai Timur yaitu Kelurahan Buluh Kasap, Teluk Binjai, Tanjung Palas, Jaya Mukti, Laksamana, dan Bukit Batrem bersama masyarakat berinteraksi langsung dengan aplikasi SIMINAH. Aplikasi ini mencakup website untuk pengelolaan admin dan platform mobile yang memudahkan pengumpulan minyak jelantah dari masyarakat. Sebagai kota industri, Dumai mengambil langkah konkret untuk meminimalkan dampak negatif limbah rumah tangga.

Jan Alif mengatakan kegiatan ini kolaborasi dengan PT Kilang Pertamina Internasional Refinery Unit II (PT KPI RU II) Dumai.
“Program ini merupakan inisiatif dari PT KPI RU II Dumai dan berkolaborasi dengan dosen serta mahasiswa PCR untuk membuat sebuah sistem. Program tersebut bertuan tujuan mengumpulkan minyak jelantah dan mengubahnya menjadi sumber daya yang bermanfaat,” katanya.

Dalam proses sosialisasi, dosen dan mahasiswa memberikan pemahaman mendalam mengenai aplikasi SIMINAH, penggunaannya, langkah-langkah, serta manfaat dalam menyedekahkan minyak jelantah. Masyarakat diajak untuk turut serta dan berperan aktif dengan menyedekahkan minyak jelantah mereka, yang nantinya diolah dan digunakan untuk program penghijauan kota. Langkah kreatif ini diharapkan dapat mengatasi permasalahan pencemaran dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya pengelolaan limbah.

Kegiatan sosialisasi berlangsung lancar dan penuh antusias dari masyarakat. Dengan kegiatan ini, aplikasi SIMINAH diharapkan menjadi langkah awal yang efektif untuk menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan berkelanjutan di Kota Dumai.dalam membentuk lingkungan yang lebih bersih dan berkelanjutan di Kota Dumai.

  • Berita
Bagikan ke teman