Beasiswa Kuliah Gratis Hingga Lulus di Politeknik Caltex Riau, Mau? Lihat Cara dan Ketentuannya!

Pekanbaru (28/2) – Politeknik Caltex Riau (PCR) kembali membuka kesempatan kepada calon mahasiswa baru yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang Sarjana Terapan melalui jalur beasiswa prestasi YPCR. Beasiswa YPCR ini dibuka pendaftarannya hingga 15 Maret 2024.
 

Beasiswa YPCR diberikan kepada penerimanya selama 4 tahun masa studi. Jadi, penerima beasiswa akan kuliah gratis hingga lulus nanti.

PCR sendiri memiliki beberapa skema program beasiswa baik dari internal maupun eksternal. Beasiswa tersebut diperuntukan untuk siswa SMA sederajat yang memiliki prestasi secara akademik maupun non akademik yang berasal dari keluarga kurang mampu.
 
Adapun persyaratan utama beasiswa prestasi YPCR ini adalah:
 
1. Melakukan pendaftaran secara online di website pmb.pcr.ac.id
2. Memiliki nilai minimun 80 untuk mata pelajaran Matematika, Bahasa Inggris, Fisika/Ekonomi/Program Keahlian pada semester 1– 4.
3. Memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP), Program Keluarga Harapan (PKH) dan atau terdata di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).
 
Ketentuan lainnya yang wajib di unggah pada saat pendaftaran di sistem adalah essay atau cerita latar belakang dan profil singkat pendaftar beserta keluarga, foto pendaftar beserta keluarga, foto empat sisi dan keseluruhan rumah, foto rapor dari semester 1– 4. Kemudian, foto Kartu Keluarga (KK), kartu tanda siswa, surat rekomendasi dari sekolah, surat keterangan penghasilan orang tua, surat permohonan beasiswa dan sertifikat prestasi.
 
Kepala Bagian Pemasaran dan Penerimaan Mahasiswa Baru, Edi Tri Prayitno, S.I.Kom. mengatakan bahwa beasiswa prestasi YPCR ini diperuntukan untuk calon mahasiswa baru 2024 yang berasal dari keluarga kurang mampu.
 
“Tahun ini PCR kembali memberikan kuota 20 beasiswa penuh untuk calon mahasiswa baru 2024. Hingga saat ini, jumlah pendaftar yang mengajukan beasiswa prestasi YPCR ini sudah 384 orang. Masih terbuka kesempatan untuk adik-adik yang memiliki prestasi namun berasal dari keluarga kurang mampu untuk mendaftar program beasiswa ini hingga 15 Maret mendatang” katanya
 
Edi juga menambahkan, untuk mendapatkan beasiswa ini calon mahasiswa akan mengikuti beberapa rangkaian seleksi yaitu seleksi administrasi, Tes Potensi Akademik, wawancara hingga visitasi.
 
Informasi terkait program beasiswa dan penerimaan mahasiswa baru lainnya dapat menghubungi narahubung melalui telepon atau whatsApp di nomor 0823-7536-9696, 0811-758-0101, 0852-6368-9090.

  • Berita
Bagikan ke teman