Dosen MTTK PCR Diundang Menjadi Pembicara di The Academy of Medical Sciences, Bahçe?ehir University, Istanbul, Türkiye

Pekanbaru (12/6) - Dr. Ananda, S.Kom., M.T., seorang dosen dari Program Studi Magister Terapan Teknik Komputer (MTTK) dan Teknik Informatika, Politeknik Caltex Riau (PCR), diundang menjadi pembicara pada kegiatan bergengsi The Academy of Medical Sciences yang diselenggarakan di Bahçe?ehir University, Be?ikta?, Istanbul, Türkiye.

 

Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 3 - 5 Juni 2024, dan menjadi wadah bagi para ahli dan peneliti dari berbagai negara untuk berbagi pengetahuan dan temuan terbaru dalam bidang ilmu kesehatan dan teknologi.

Dalam presentasi ilmiah yang berjudul "From Fields to Health: Leveraging Collaborative Approaches in Image Analysis, Machine Learning, and Artificial Intelligence for Well-being and Food Security," Dr. Ananda memaparkan bagaimana sinergi antara teknologi analisa citra, machine learning, dan kecerdasan buatan dapat memberikan solusi signifikan dalam meningkatkan kesehatan dan menjawab isu keamanan pangan yang menjadi permasalahan di berbagai belahan dunia.

"Presentasi ilmiah ini menjelaskan bagaimana kolaborasi teknologi analisa citra dan kecerdasan buatan dapat bersinergi untuk memberikan solusi kehidupan dengan kesehatan yang lebih baik dan menjawab isu keamanan pangan yang menjadi permasalahan di berbagai belahan dunia," ujar Dr. Ananda dalam penjelasannya.

Selain memaparkan hasil-hasil penelitian yang telah dilakukan, Dr. Ananda juga menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari hibah penelitian yang diterimanya bersama tim multinasional dari The Academy of Medical Sciences, United Kingdom, pada tahun 2024. Hibah penelitian ini menjadi bukti nyata dari kolaborasi internasional dalam menciptakan solusi inovatif untuk tantangan global.

Tidak hanya itu, presentasi yang disampaikan oleh Dr. Ananda juga mencakup penelitian yang sedang berlangsung dan didanai oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud) pada tahun 2024. Dalam penelitian ini, Dr. Ananda berkolaborasi dengan Dr. Dadang Syarif, Memen Akbar, dan Zulfaqar.

Kehadiran Dr. Ananda sebagai pembicara dalam acara ini sebagai salah satu upaya untuk memperluas jaringan ilmuan dan memperkenalkan Politeknik Caltex Riau ke khalayak dunia internasional.

  • Berita
Bagikan ke teman