Teknik Informatika PCR Gelar EXPO Vokasi PCR 2024

Pekanbaru (19/6) - Politeknik Caltex Riau (PCR) menggelar kegiatan Expo Vokasi PCR 2024, Rabu (18/6/2024). Kegiatan yang ditampilkan tak hanya pameran, namun ada penandatanganan MoU, lomba untuk siswa hingga Talk Show. Kegiatan ini berlangsung di Gedung Serba Guna PCR.

 

Acara dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Provinsi Riau, Taufik OH.

"Alhamdulillah hari ini kita menggelar kegiatan Expo Vokasi PCR 2024 dengan tema 'Connecting Ideas, Shaping the Digital Era'," ujar Dadang Syarif Sihabudin Sahid selaku Direktur Politeknik Caltex Riau (PCR), Rabu (18/6/2024).

Ia mengatakan untuk acara hari ini adalah salah satu kegiatan dari hibah Competitive Fund (CF) dari Kemendikbud tahun 2024. Dimana hibah ini diterima oleh salah satu Prodi di PCR yaitu prodi teknik informatika.

"Jadi kegiatan untuk hibah CF itu ada banyak, ada 6 kegiatan salah satunya expo. Dalam expo ini dipamerkan produk unggulan di setiap prodi yang ada di PCR. Ada 11 prodi, semua hadir disini dan ditampilkan produk unggulannya," sebutnya.

Dikatakan Dadang, kegiatan ini menjadi salah satu katalisator khususnya di pendidikan vokasi untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan. Tak hanya untuk PCR termasuk juga dengan mitra, baik mitra industri, mitra SMK, SMA ataupun mitra lainnya.

"Di zaman Digital yang membutuhkan kecepatan dan ketepatan tentu kita Tak bisa sendiri-sendiri lagi. Tadi saya sudah berdiskusi dengan Pak Kadis dan kita punya semangat yang sama untuk membangun ekosistem Vokasi menjadi lebih baik," sebutnya.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Provinsi Riau, Taufik OH saat membuka acara mengatakan pihaknya sangat senang bisa hadir pada kegiatan Talk Show dan Expo Politeknik Caltex Riau (PCR).

"Momen ini salah satu bagian penting bagi PCR yang bertujuan memperkenalkan produk, peningkatan layanan dan inovasi baru kepada masyarakat umum, khususnya pelaku industri," ujar Taufik.

Ia mengatakan kegiatan ini diharapkan dapat membangun hubungan baik antara pelaku industri dan mempromosikan institusi serta menyediakan platform untuk berbagi pengetahuan dan informasi terbaru dalam bidang tertentu juga dapat memberikan dan menambah pengetahuan para peserta.

"Sejalan dengan kegiatan ini, PCR dituntut untuk terus maju sesuai dengan visi yang telah ditetapkan. Yaitu diakui sebagai Politeknik unggul yang mampu bersaing dalam bidang teknologi dan bisnis terapan pada tingkat nasional maupun ASEAN Tahun 2031," ucapnya.

Untuk itu. kegiatan Talkshow dan Expo Tahun 2024 ini menjadi barometer keberhasilan PCR dalam memajukan pendidikan tinggi di Provinsi Riau.

"Inovasi-inovasi baru terus dikembangkan oleh Politeknik Caltex Riau dengan mengajak para mahasiswa berpikir kreatif dan inovatif untuk mampu bersaing dan terampil di bidang industri, dunia usaha dan dunia keria," sebutnya.

"Maka dari itu kita mampu memberdayakan tranformasi digital atau bisa kita sebut dengan 'Empowers in digital information' yang mana tujuan transformasi digital ini adalah untuk mempermudah masyarakat dalam melakukan aktivitas, mulai dari usaha, pemerintahan dan keperluan lainnya," imbuhnya.

Lebih lanjut dirinya berharap PCR berhasil menjadi kampus vokasi swasta terbaik nasional dan terus mengembangkan diri menjadi institusi yang lebih besar lagi, sehingga semakin banyak anak-anak Riau yang berkesempatan menimba ilmu di kampus yang baik ini.

"Usaha-usaha PCR dalam meningkatkan kuantitas dan kualitas mahasiswa, serta pengembangan institusi teknik dan bisnis yang lebih besar dan terkemuka tentu saja menjadi harapan kita semua. Semoga PCR senantiasa diberikan keberkahan dan kekuatan untuk terus berjaya dan menjadi kebanggaan masyarakat Riau," pungkasnya.

Yuliska selaku Ketua Pelaksana Hibah Competitif Fund, Program Studi Teknik Informatika mengatakan kegiatan ini digelar selama satu hari penuh.

"Dimulai pagi hari para peserta sudah mulai register dan nanti berakhir sore hari," ujar Yuliska.

Sesuai dengan tema "Connecting ideas, shaping the Digital Era", pihaknya ingin mengkoneksikan mitra industri dan juga agar siswa siswi datang ke acara ini.

"Untuk rangkaian acara selain pameran, ada juga penandatanganan MoU dengan beberapa mitra industri, kemudian ada perlombaan untuk siswa serta talk show yang digelar untuk sesi pagi dan juga sesi siang," ucapnya.

  • Berita
Bagikan ke teman