Adakan Kegiatan Professor and Expert Visit Series 2017, PCR Datangkan Ahli Context Awareness

Pada hari Rabu 29 maret 2017 lalu, Jurusan Komputer Politeknik Caltex Riau (PCR) yang terdiri atas Prodi Teknik Informatika, Sistem Informasi dan Teknik Komputer, kembali menyelenggarakan kegiatan Professor and Expert Visit Series 2017. Kali ini Jurusan Komputer PCR mendatangkan Ir. Lukito Edi Nugroho, M.Sc, Ph.D dari Jurusan Teknik Elektro Universitas Gadjah Mada yang merupakan expert dibidang context awareness dari UGM.

 

Ir. Lukito Edi Nugroho, M.Sc, Ph.D menamatkan pendidikan Sarjana di Universitas Gadjah Mada. Beliau lalu melanjutkan pendidikan Magister di James Cook University Australia dan Doktoral di Monash University Australia. Beliau memiliki pengalaman sebagai Ketua Pengelola Program Magister Teknologi Informasi UGM, Ketua Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik UGM, Ketua Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UGM dan juga Konseptor SCorE (Soft skill Curriculum for Engineers). Beliau juga memiliki program pengembangan soft skills mahasiswa yang bersifat tematik yang  implementasinya bekerjasama dengan pihak industri/perusahaan.

Ketua Jurusan Komputer Ananda S.Kom., M.T. menyampaikan, pada kegiatan Professor and Expert Visit Series 2017 di PCR, materi yang dibawakan oleh beliau adalah mengenai Context Awareness. Konsep Context Awareness adalah konsep yang membahas mengenai bagaimana sebuah teknologi komputasi bisa terhubung secara natural dan baik dengan lingkungannya. Teknologi yang bertujuan akhir untuk meningkatkan kualitas dari kehidupan pengguna akhirnya.

“Ir. Lukito Edi Nugroho, M.Sc, Ph.D memberikan pencerahan kepada staff pengajar PCR yang hadir pada kegiatan tersebut tentang bagaimana sebuah konsep diimplementasikan menjadi sebuah produk yang bisa digunakan oleh pengguna akhir sehari hari dan bagaimana sebuah konsep yang canggih bisa dipahami secara sederhana oleh banyak khalayak umum,” ujarnya.

Ditambahkan Ananda, pada tahun-tahun sebelumnya, PCR mendatangkan Professor Muhammad Nuh (Rektor ITS, Direktur PENS-ITS, Menkominfo, Mendiknas), Ilham Habibie (Professional) dan Professor Ali Selamat (UTM-Malaysia) untuk menjadi pengisi kegiatan Professor and Expert Visit ini.

“Kegiatan Professor and Expert Visit ini merupakan tahun kedua penyelenggaraannya. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang diinisiasi tahun 2016 oleh Bapak Dadang Syarif yang merupakan pengajar senior di Program Studi Sistem Informasi, untuk membawa para Professor dan Expert di bidangnya lalu memberikan sharing ilmu pengetahuan terkini kepada Civitas Academica PCR. Diharapkan kedepannya akan lebih banyak lagi Professor dan Expert yang dapat diundang dan memberikan sharing ilmu pengetahuan terbaru dan terkini bagi Civitas Academica PCR,” paparnya.

Selain kegiatan Professor and Expert Visit ini, PCR juga setiap tahunnya rutin mengundang nama-nama besar seperti Prof. Dr. Arief Rahman, Seto Mulyadi, Tika Bisono untuk memberikan ilmu pengetahuan kepada masyarakat pendidikan di Riau.

Ir. Lukito Edi Nugroho, M.Sc, Ph.D

Ir. Lukito Edi Nugroho, M.Sc, Ph.D

 

 

  • Berita
Bagikan ke teman

Komentar