Perguruan Hang Tuah Pekanbaru Kunjungi PCR

Pada hari Rabu, 5 april 2017, Politeknik Caltex Riau (PCR) menerima kunjungan dari Yayasan dan Pengelola Perguruan Hang Tuah Pekanbaru. Yayasan tersebut memiliki dua Perguruan Tinggi yaitu STMIK Hang Tuah dan STIKES Hang Tuah. Kedatangan Perguruan Hang Tuah Pekanbaru berawal dari kegiatan Pelatihan Auditor yang diselenggarakan Kopertis Wilayah X bagi Perguruan Tinggi Swasta yang berada di Provinsi Riau dan Kepulauan Riau. Pada saat itu Politeknik Caltex Riau ditunjuk menjadi salah satu Perguruan Tinggi yang dijadikan objek pelatihan bagi Auditor.

 

Tujuan kedatangan Perguruan Hang Tuah Pekanbaru adalah untuk studi banding tentang tata kelola institusi yang dilakukan PCR. Kunjungan ini diterima oleh Pembantu Direktur Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Pembantu Direktur Bidang Keuangan, Kepegawaian dan Umum, Ketua Jurusan di lingkungan PCR dan Kepala Unit Sistem Penjaminan Mutu.

Kegiatan yang diselenggarakan dalam format diskusi informal ini dilakukan secara interaktif. Pada awalnya diskusi tersebut diarahkan pada mekanisme yang dilakukan PCR dalam mencapai akreditasi baik level program studi maupun institusi. Jajaran manajemen PCR memaparkan beragam informasi mengenai manajemen institusi yang dilakukan PCR, meliputi: tata kelola akreditasi, tata kelola SDM, keuangan, penelitian dan pengabdian, sistem penjaminan mutu, penerapan Standar Nasional Pendidikat Tinggi (SNPT) hingga beberapa pengalaman yang pernah dilalui pada saat mempersiapkan dan menghadapi akreditasi. Diskusi ini berjalan dengan sangat antusias. Hal ini terlihat dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh Perguruan Hang Tuah Pekanbaru.

Pembantu Direktur I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan PCR Muhammad Ihsan Zul, S.Pd.,M.Eng menyampaikan, kegiatan kunjungan institusi ini bukanlah yang pertama dilakukan PCR, pada tahun-tahun sebelumnya terdapat beberapa Politeknik Swasta yang melakukan studi banding dalam berbagai hal, seperti tracer study dan lain-lain. PCR membuka kesempatan seluas-luasnya bagi perguruan tinggi yang ingin melakukan kunjungan untuk saling berbagi informasi dalam hal manajemen institusi.

“Tahun 2017 berdasarkan pemeringkatan yang dilakukan Kementerian Ristek dan Dikti, PCR berhasil mempertahankan diri sebagai Politeknik Swasta Terbaik di Indonesia. Di lingkungan Kopertis Wilayah X, PCR merupakan Perguruan Tinggi Swasta dengan peringkat yang paling tinggi. Capaian ini merupakan hasil kerja tepat dan kerja cerdas semua sivitas akademika yang senantiasa melakukan yang terbaik bagi PCR,” ungkapnya

Saat ini, secara institusi Politeknik Caltex Riau telah terakreditasi B dari BAN-PT. Terdapat satu program studi terakreditasi A (D4 Teknik Elekronika Telekomunikasi) dan tujuh program studi terakreditasi B. Selain itu, terdapat dua program studi baru yang telah menerima mahasiswa pertama pada 2016 yaitu D4 Teknik Mesin dan D4 Teknik Listrik.

“Mudah-mudahan melalui kegiatan ini terjalin hubungan dan komunikasi yang baik antara PCR dengan Perguruan Hangtuah Pekanbaru. Sehingga saling memberi manfaat satu sama lain. Harapan kedepan adalah semoga semua perguruan tinggi swasta di Riau mampu bersama-sama meningkatkan kualitas dalam menjalankan pendidikan tinggi untuk meningkatkan kualitas SDM masyarakat Riau khususnya dan Indonesia pada umumnya,” imbuhnya.

  • Berita
Bagikan ke teman

Komentar