Teknologi VR Jurusan Komputer PCR memukau VP PGPA Chevron Corporation

Awal agustus 2017 merupakan hari yang spesial bagi Jurusan Komputer Politeknik Caltex Riau (PCR). Vice President Policy, Government and Public Affairs (PGPA) Chevron Corporation USA , Bapak Joe Naylor berkesempatan mengunjungi Kampus PCR sekaligus di dalamnya mengunjungi Jurusan Komputer PCR.

Bertempat di Lab 317, Jurusan Komputer menyambut beliau dengan meninjau proses belajar mengajar dan mencoba beragam hasil karya teknologi informasi yang dihasilkan oleh civitas academica Jurusan Komputer. Pemaparan bagaimana pemanfaatan dan pengembangan teknologi informasi yang dipelajari di Jurusan Komputer dilakukan oleh Ketua Jurusan Komputer Bapak Ananda, S.Kom, M.T. Selama lebih kurang 15 menit, Joe Naylor beserta team dari Chevron Corporation menerima paparan presentasi dan mencoba secara langsung teknologi yang dikembangkan di Jurusan Komputer.

 

“Kolaborasi, pengembangan dan pengadopsian teknologi terkini selalu menjadi tujuan besar pendidikan di Jurusan Komputer PCR. Jurusan yang membawahi tiga program studi seperti Teknik Informatika, Sistem Informasi dan Teknik Komputer ini selalu mendorong civitasnya untuk menjadi yang terdepan dalam pengembangan, penciptaan, kolaborasi dan adopsi teknologi informasi,” papar Ananda.

Masih dalam kesempatan kunjungan VP PGPA Chevron Corporation, Joe Naylor berkesempatan mencoba salah satu karya penelitian mahasiswa di Jurusan Komputer yaitu Mobile based Virtual Reality. Teknologi ini dikembangkan oleh mahasiswa Teknik Informatika Angkatan 2013 (G13) Fadly Napril Marsal dan Fahdlul Hadi, dimana pengguna teknologi ini dikembangkan menggunakan teknologi berbasis sistem operasi Google Android dan dijalankan menggunakan mesin VR dan Mobile Smartphone.

VR yang dikembangkan mensimulasikan beragam kondisi pencarian binatang dengan beragam kondisi lingkungan semisal Perkotaan, Hutan dan bahkan Gurun. Joe Naylor mengungkapkan rasa takjub dan antusias ketika mencoba teknologi ini. Selain itu tim PGPA Chevron Corporation juga melihat rangkaian karya animasi dan game yang dikembangkan, termasuk beberapanya adalah pemenang juara nasional Gemastik.

Antusiasme terlihat dalam kunjungan ini dan Jurusan Komputer sebagai jurusan terbesar di PCR membuka diri untuk kolaborasi dan sinergi yang luas dan dalam dengan berbagai pihak baik industri maupun masyarakat luas. Kunjungan diakhiri dengan ramah tamah dan peninjauan lanjutan oleh pihak CPI ke unit pemberdayaan masyarakat sekitar yang bertempat di Main Hall PCR.

 

  • Berita
Bagikan ke teman

Komentar