PCR Ikuti Selekda ASEAN Skill Competition (ASC) XII

ASC XII tahun 2017 kembali melakukan proses Seleksi tingkat Daerah di Provinsi Riau. ASC adalah ajang kompetisi dan arena unjuk kebolehan tenaga kerja muda berusia maksimal 22 tahun di 25 bidang kejuruan. Pada hakekatnya, ASC ini ingin mewujudkan standardisasi dan ketrampilan angkatan kerja muda diantara anggota negara ASEAN, yang pada akhirnya akan mendorong terwujudnya sistem pendidikan dan pelatihan di tingkat Asean.

 

Pada tahun ini Politeknik Caltex Riau mengikuti 2 bidang lomba yang dilaksanakan di ASC yaitu Mekatronik dan Desain Grafis. Sebanyak 5 tim mekatronik yang terdiri dari 3 Tim dari PCR dan 2 Tim dari SMKN 6 Pekanbaru mengikuti Seleksi Daerah (Selekda) Asean Skills Competition (ASC) yang diadakan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Riau. Selekda bidang Mekatronik ini dilangsungkan di Laboratorium Pneumatik Hidrolik Kampus Politeknik Caltex Riau (PCR) dari tanggal 12 Juli-13 Juli 2017.

Untuk Selekda ASC di PCR, peserta diuji mengenai bidang mekatronika yaitu tentang kontrol industri dengan menggunakan PLC dan Pneumatic Menurut Retno Tri Wahyuni, S.T.M.T, selaku Panitia Teknis kegiatan, bahwa Selekda ASC ini bertujuan sebagai upaya  mencari bibit-bibit dari daerah untuk disiapkan  maju ke tingkat nasional. “Nanti yang terbaik dari Selekda ini, akan disertakan maju ke tingkat nasional untuk mengikuti seleksi nasional (Seleknas).”

Selanjutnya kata Retno, bagi peserta yang ikut Seleknas dan mendapat hasil yang terbaik, maka penyelenggara ASC nantinya akan mengirim peserta tersebut untuk mewakili Indonesia pada ASC tingkat internasional.

“Bagi peserta lainnya yang telah berpartisipasi di dalam kegiatan kompetisi ini namun belum berhasil memenuhi persyaratan minimal untuk dapat lolos Seleknas, dapat menjadikan seleksi ini untuk dijadikan pengalaman yang berharga untuk senantiasa meningkatkan motivasi diri agar selalu mengembangkan kompetensi,” imbuh Retno.

Untuk bidang Desain Grafis PCR diwakili oleh 6 Orang Mahasiswa dari Jurusan Komputer, yang mengkuti proses seleksi di LPK ICC Panam. Perwakilan PCR untuk Desain Grafis adalah Keken Merfasoni, M. Alkhairi M, A.M Hidayat, Martin Adrian N, Ridho Nawali dan Yolanda Ihsan. Sementara perwakilan PCR untuk bidang Mekatronik adalah Anthony Dermawan, Fachri Abdilla, Ricky Johanes, Desindo, Angga Wardana dan M. Nurul Fikri.

Mudah-mudahan PCR dapat mewakili Prov. Riau dalam bidang-bidang lomba yang diikuti yang akan bersaing secara Internasional nantinya di ASC Thailand.

  • Berita
Bagikan ke teman

Komentar