Penutupan OSN Informatika 2017 di PCR: Raihlah Prestasi Terbaik Untuk Bangsa

Setelah berlangsung selama 3 hari, Olimpiade Sains Nasional (OSN) Informatika tahun 2017 yang berlangsung di Politeknik Caltex Riau (PCR), ditutup pada hari Rabu, 5 Juli 2017.

 

Acara penutupan yang dilangsungkan di ruang Auditorium kampus PCR juga dihadiri oleh Dr. Hendriko, S.T., M.Eng., Direktur PCR, yang menyampaikan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan kepada PCR yang dijadikan tuan rumah untuk OSN 2017.

Ibu Dr. Inggriani Liem, selaku kordinator Pembina Tim Olimpiade Komputer Indonesia (TOKI) dalam sambutannya menyampaikan pesan bahwa para siswa peserta OSN 2017 dituntut semakin banyak menjalani latihan secara mandiri, agar dapat memberikan hasil terbaik dan meraih prestasi terbaik yang dapat dipersembahkan bangsa

“Siapapun yang menjadi pemenang nantinya, jangan terlalu berbangga diri karena perjuangan masih panjang. Dan bagi yang gagal, jangan putus asa karena masih banyak ajang lomba keilmuan yang bisa diikuti untuk mengharumkan nama bangsa dan Negara,” ujarnya

Acara penutupan diisi dengan presentasi TOKI, yaitu sebuah tim yang terdiri dari siswa-siswa terbaik sekolah menengah atas di Indonesia yang dipersiapkan untuk mewakili Indonesia bertanding dalam International Olympiad in Informatics (IOI).

“Seluruh siswa peserta OSN Informatika 2017 secara otomatis menjadi bagian dari TOKI. Dari OSN ini nantinya akan kita dapatkan 30 siswa-siswi yang berhak melaju ke Pelatihan Nasional (Pelatnas). Setelah itu mereka akan diberikan materi-materi dan dilatih lagi baik secara teknis maupun psikis. Pelatnas akan diadakan 4 kali dalam waktu setahun dan dari sini kita akan memilih 4 siswa-siswa yang berhak maju ke ajang internasional IOI,” papar Inggriani.

Selain presentasi dari pihak TOKI, acara penutupan juga diisi dengan presentasi dari kampus PCR yang diwakili oleh Zainal Arifin Renaldo, S.S., M.Hum. Beliau menyampaikan bahwa PCR mengundang secara khusus kepada seluruh siswa-siswi peserta OSN 2017 untuk bergabung ke PCR

“Para peserta diundang secara khusus tanpa test untuk proses penerimaan mahasiswa baru T.A. 2017-2018 untuk yang saat ini berada di kelas XI dan T.A. 2018-2019 untuk yang saat ini berada di kelas X. Syaratnya dengan hanya cukup membawa bukti fotocopy sertifikat peserta OSN 2017 tingkat nasional dan menunjukkan sertifikat OSN aslinya,” jelas Zainal.

  • Berita
Bagikan ke teman

Komentar