Adakan kembali Professor and Expert Visit Series 2017, PCR Hadirkan Professor dari Lithuania

Politeknik Caltex Riau (PCR) kembali menyelenggarakan kegiatan Professor & Expert Visit Series 2017 pada hari Rabu, 6 Juli 2017 bertempat di Auditorium Politeknik Caltex Riau. Seminar yang dihadiri oleh staf pengajar dan mahasiswa dari lingkungan Jurusan Komputer (Teknik Informatika, Sistem Informasi dan Teknik Komputer) ini, menghadirkan pembicara dari Lithuania yaitu Professor Dr. Valentina Dagiene dari Vilnius University  Institute of Mathematics and Informatics dan pembiacara dari Indonesia Dr. Ir. Inggriani Liem yang berasal dari Sekolah Teknik Elektro dan Informatika Institut Teknologi Bandung. Kedua pembicara membawakan topik Computational Thinking dan Pengenalan Bebras Indonesia.

Computational Thinking merupakan sebuah konsep berfikir dalam memformulasikan sebuah masalah dan mengekspresikannya dalam bentuk solusi sebagaimana sebuah komputer bekerja. Computational Thinking merupakan proses berulang yang bekerja pada lima tahap yaitu Abstraksi, Berfikir Algoritma (Algorithmic Thinking), Dekomposisi, Evaluasi dan Generalisasi.

Professor Valentina menjelaskan bahwa kemampuan ini saat ini menjadi hal yang krusial dalam membentuk pola fikir, terutama ketika dihadapkan kepada kondisi pemecahan masalah. Penggunaan dan Ekspansi Teknologi Informasi yang luas dan mendalam, menjadikan Computational Thinking menjadi hal yang sangat diperlukan untuk dikuasai oleh masyarakat modern saat ini.

“Pengembangan keilmuan informatika tidak lepas dari bagaimana kita bisa secara baik menerapkan konsep Computational Thinking ini dalam pembuatan solusi solusi permasalahan berbasis teknologi informasi, dalam pembuatan kode program contohnya. Sehingga diharapkan dihasilkan kemampuan berfikir yang dapat diimplementasikan dalam kode pemrograman perangkat lunak. Tentunya akan menghasilkan sebuah perangkat lunak yang bagus dan berkualitas,” ujarnya.

Professor Valentina Dagiene juga mengenalkan tools untuk mengasah kemampuan Computational Thinking kita bernama Bebras. Bebras (http://bebras.org) merupakan sebuah inisiatif global yang dibentuk oleh Professor Valentina Dagiene bertujuan untuk mempromosikan keilmuan informatika (seperti Ilmu Komputer, atau Computing) dan Computational Thinking kepada anak-anak usia sekolah disemua tingkatan. Saat ini, Bebras sudah menyebar di 50 negara dan telah menarik minat 1,5 juta siswa untuk berlatih menggunakannya.

Dr. Inggriani sebagai panelis kedua memberikan materi bagaimana memotivasi dan mencintai keilmuan pemrograman dengan melihat problem dunia pemrograman dari sisi yang lain dan lebih menyenangkan. Bidang Pemrograman yang merupakan bidang inti dari keilmuan Informatika, seringkali menjadi momok bagi banyak siswa dan mahasiswa dikarenakan kesalah pahaman dalam memahami cara berfikir komputasi. Kombinasi Computational Thinking dan Konsep pemrograman dikenalkan oleh Dr. Inggriani kepada audiens.

Saat ini, Dr. Inggriani menginisiasi sebuah situs belajar pemrograman bernama Olympia.id (https://olympia.id) yang berlandaskan kepada latihan soal dan computational thinking yang dikombinasikan. Materi yang lebih meng-Indonesia dan standar khas pendidikan yang dikenalkan oleh Dr. Inggriani, akan menjadikan peserta perkuliahan memiliki kemampuan pemrograman yang dicari oleh banyak perusahaan perangkat lunak besar dunia.

Seminar berlangsung sangat meriah dan antusiasme peserta dalam merespon dan memberikan pertanyaan kepada kedua pembicara. Jurusan Komputer pun akhirnya juga membuka sesi khusus antar staff pengajar Jurusan Komputer dengan Professor Valentina Dagiene dan Dr. Inggriani Liem untuk membahas lebih dalam mengenai konsep Computational Thinking dan Bebras.

Menurut Ketua Jurusan Komputer Politeknik Caltex Riau, Ananda, S.Kom., M.T., kedepannya, Jurusan Komputer PCR akan berkolaborasi intensif dengan kedua akademisi ini dalam menerapkan konsep ini ke dalam kurikulum pemrograman dan tidak tertutup kemungkinan dalam tata cara pengajaran di Jurusan Komputer.

“Dengan tuntutan untuk lekas beradaptasi dengan perkembangan teknologi informasi, Jurusan Komputer membuka selebar lebarnya untuk konsep ini bisa menjadi pemacu peningkatan mutu kualitas pengajaran di Jurusan Komputer PCR,” jelas Ananda

Kegiatan ini diakhiri dengan penyerahan cenderamata oleh Direktur Politeknik Caltex Riau Dr. Hendriko kepada kedua pembicara dan dilanjutkan dengan kegiatan foto bersama.

 

  • Berita
Bagikan ke teman

Komentar