Dosen PCR Latih Pemuda Lapas Teknik Perbaikan Alat Rumah Tangga

Sabtu lalu, sekelompok dosen jurusan elektro PCR mengusung pelatihan perbaikan alat rumah tangga bagi para pemuda di Lapas kelas II Pekanbaru. Sebanyak 20 orang mengikuti pelatihan yang berbentuk

 

rumah belajar yang digagas tim yang ketuai Rizki Dian Rahayani. Rumah belajar ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kemandirian bagi para penghuni lapas dan juga petugasnya.

“Berawal dari minimnya pelatihan yang diberikan di Lapas Kelas II Pekanbaru ini, kami tergerak untuk mengadakan program pengabdian masyarakat di sini. Program rumah belajar ini diharapkan bisa menjadi program kemandirian yang berkelanjutan dan bisa diaplikasikan terus oleh para penjaga dan penghuni lapas,” jelasnya.

Terdiri dari 4 kali pertemuan, pelatihan ini akan berfokus pada pengenalan komponen listrik dan perbaikan alat elektronik rumah tangga. Terdapat tiga jenis alat elektronik yang akan dilatih yakni alat dengan elemen pemanas, alat dengan elemen pendingin dan alat yang dilengkapi motor penggerak.

“Kami berikan 4 kali sesi pelatihan, pertama tentu pengenalan alat komponen listrik, selanjutnya adalah langsung belajar praktek seperti memperbaiki setrika dan kipas angin serta kulkas. Pelatihan yang diberikan terdiri dari penjelasan materi dan langsung dilanjutkan dengan praktek mereparasi,” paparnya. 

  • Berita
Bagikan ke teman

Komentar