Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun 2018, Dibuka Sejak Oktober Ini

16 tahun berdiri, PCR memiliki peningkatan jumlah mahasiswa baru yang cukup baik seiring dengan penambahan jumlah program studi baru. Pada awal berdirinya tahun 2001, PCR memiliki 3 program studi yaitu Teknik Elektronika, Teknik Komputer, dan Teknik Telekomunikasi, kemudian disusul tahun 2003 menambah 2 program studi D3 yaitu Teknik Mekatronika dan Akuntansi. Kemudian di tahun 2008, PCR memiliki program studi D4 pertama yaitu Teknik Informatika, Sistem Informasi dan Teknik Elektronika Telekomunikasi. Selanjutnya, tahun 2016 PCR menambah 2 program studi D4 lagi yaitu Teknik Mesin dan Teknik Listrik. Hingga saat ini PCR memiliki 10 program studi yang daya tampung setiap program studi nya juga semakin meningkat.

 

Dari beberapa program studi tersebut, PCR sudah mengantongi program studi yang ter-akreditasi A oleh BAN-PT yaitu untuk Teknik Elektronika Telekomunikasi dan Akuntansi. Sedangkan program studi lain ter-akreditasi B. Pada tahun 2014, PCR juga telah memiliki Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) dengan nilai B.

Menghadapi tantangan tersebut, PCR melalui tim PMB berupaya menjaring siswa unggul dan berpotensi untuk dapat bersaing secara global dan tentunya dapat menjadi pion untuk meningkatkan kualitas PCR. Proses penjaringan tersebut dilakukan dalam beberapa bentuk yaitu PSUD, ujian masuk bersama (UMPCR) dan ujian mandiri (CBT).  

 

Oktober 2017 ini, Tim Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun 2018 telah resmi membuka penerimaan mahasiswa baru untuk angkatan 2018 mendatang. Jadwal penerimaan mahasiswa baru tepatnya akan  dimulai pada tanggal 2 Oktober 2017 dengan jalur pertama yaitu jalur Penjaringan Siswa Unggul Daerah (PSUD). PSUD merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru dengan seleksi menggunakan nilai rapor dari semester 1 sampai dengan semester 4 untuk siswa SMA/MA dan SMK sederajat. 

Steering Committee PMB 2018, Bapak Sugeng Purwantoro mengatakan, pada tahun 2018 ditargetkan 585 orang mahasiswa baru yang diterima untuk angkatan 2018. Kuota tersebut berasal dari 10 program studi yang dibuka yaitu 5 program studi jenjang Diploma 3 (D3) dan 5 program studi jenjang Diploma 4 (D4). Program D3 diantaranya Teknik Komputer, Teknik Elektronika, Teknik Telekomunikasi, Teknik Mekatronika dan Akuntansi. Sedangkan Program D4 diantaranya Teknik Informatika, Sistem Informasi, Teknik Elektronika Telekomunikasi, Teknik Listrik, dan Teknik Mesin.

“Untuk mahasiswa baru tahun 2018 kita targetkan mencapai 585 orang mahasiswa baru dan harus meningkat dari tahun sebelumnya. Untuk mencapai target tersebut, kita akan membuka pendaftaran pada Oktober 2017 ini,” tambahnya.

Sebagai salah satu ujung tombak perguruan tinggi, proses Penerimaan Mahasiswa Baru memerlukan strategi yang inovatif dan kreatif guna mencapai target yang diinginkan. PCR sebagai perguruan tinggi swasta memiliki tantangan khusus dalam mengahadapi proses penerimaan mahasiswa baru setiap tahunnya.

“Tim PMB 2018 sudah memiliki beberapa strategi untuk meningkatkan minat siswa untuk kuliah di PCR dan tentu tim juga akan tetap menjaga kualitas PCR selama proses seleksi yang akan dilakukan nanti,“ ungkap Ketua Tim PMB 2018, Anggy Trisnadoli.

Pada tahap pertama ini, jalur PSUD akan dibuka mulai 2 Oktober 2017 hingga 16 Februari 2018 mendatang. Formulir pendaftaran dapat diperoleh di sekolah SMA/MA dan SMK sederajat, atau juga dapat langsung ke kampus PCR atau diunduh di halaman resmi Penerimaan Mahasiwa Baru www.pmb.pcr.ac.id.

Tim PMB 2018 berharap jumlah mahasiswa baru 2018 nantinya semakin meningkat dari tahun sebelumnya dan proses penerimaan mahasiswa baru selama 1 tahun kedepan dapat berjalan dengan baik sesuai strategi yang sudah disusun.  

 

  • Berita
Bagikan ke teman

Komentar