121 Calon Lulusan Teknik Elektronika & Teknik Mekatronika PCR Ikuti Sertifikasi Profesi

Pekanbaru, (16/10) – Sesuai misi nya yaitu menghasilkan lulusan yang professional /terampil di bidangnya dan mampu bersaing berdasarkan kompetensi dunia industri, PCR dengan pengalaman 16 tahun berkiprah di dunia pendidikan telah menghasilkan ribuan alumni yang siap bekerja dalam bidang industri khususnya. Hal ini terlihat dengan tersebarnya lulusan yang dapat bersaing di beberapa kota di seluruh Indonesia bahkan sampai kanca internasional.

 

Salah satu langkah dalam mewujudkan visi dan misi tersebut, PCR melalui program Hibah Penguatan Peningkatan Mutu Pendidikan Politeknik (PHP-PMPP) melakukan program uji kompetensi dan sertifikasi profesi terhadap calon alumni sebelum menapaki dunia kerja. Sejak tahun 2013, PCR merupakan salah satu perguruan tinggi yang dipercaya memperoleh Hibah dari pemerintah untuk pengembangan perguruan tinggi dan telah menjadi salah satu perguruan tinggi yang memiliki Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) P1 yang langsung di bawah naungan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Tahun 2017 ini, PCR lakukan sertifikasi profesi terhadap 121 mahasiswa yang merupakan calon alumni untuk program studi Teknik ELektronika dan Teknik Mekatronika. Sertifikasi ini dilakukan mulai 16 Oktober hingga 26 Oktober 2017 mendatang di Kampus PCR dan ini merupakan sertifikasi kedua yang dilakukan sejak berdirinya sertifikasi LSP P1 di PCR.  Dalam sertifikasi ini dibagi menjadi dua skema yaitu, Pengoperasian Instrumentasi Proses Kontrol dan skema Pengoperasian Programmable Logic Control (PLC). Dari 121 orang mahasiswa, 60 orang mahasiswa akan berpartisipasi pada kedua skema tersebut. Sedangkan 61 orang mahasiswa lainnya hanya berpartisipasi pada skema Pengoperasian Programmable Logic Control (PLC) .

Dalam pelaksanaannya, PCR juga didukung oleh 12 orang assessor yang telah memiliki sertifikat Assessor Kompetensi. Assesor ini juga merupakan merupakan dosen pengajar yang ada di PCR.  2 orang diantara 12 assesor tersebut sudah memperoleh Assesor Lisensi.  Assesor ini akan bertugas untuk menguji kompetensi calon lulusan selama proses sertifikasi.

“Dengan adanya sertifikasi ini dapat memberikan nilai tambah bagi lulusan PCR, khususnya calon alumni program studi Teknik Elektronika dan Teknik Mekatronika, sehingga lulus dari PCR tidak hanya dengan ijazah dan transkip nilai, namun juga dibekali sertifikat kompetensi”, ungkap Ibu Putri Madona sebagai salah satu assessor dalam kegiatan ini.

PCR sebagai salah satu perguruan tinggi vokasi, menyelenggarakan program studi yang berbasis pada kebutuhan tenaga ahli pada industri dan mempersiapkan lulusan untuk mampu bersaing di era global. Dengan adanya sertifikat profesi ini, akan menjadi salah satu wujud PCR mempersiapkan lulusannya untuk dapat bekerja di dunia industri sehingga menjadikan PCR sebagai politeknik yang dapat bersaing secara global sesuai dengan visinya. 

  • Berita
Bagikan ke teman

Komentar