Mahasiswa PCR Ciptakan Robot Lengan 3 Fungsi

Pekanbaru (2/7) – Mahasiswa Program Studi Teknik Mekatronika Politeknik Caltex Riau (PCR) menciptakan sebuah robot dengan lengan 3 fungsi. Robot ini merupakan tugas akhir Anisa Ghaisani yang merupakan salah satu syarat kelulusan.

 

Robot Lengan ini dapat bergerak dengan 3 fungsi yaitu meniru pergerakan pengendali, memindahkan benda dari 1 ke titik ke 9 titik yang tersedia, dan menyimpan gerakan dan menampilkannya kembali.

Anisa menjelaskan, penerapan dari robot lengan ini dapat dikembangkan untuk membantu kegiatan sehari – hari dalam pemindahan benda dan juga dapat dikembangkan untuk kebutuhan industri. Selain itu, robot ini bisa digunakan untuk entertain dan edukasi kepada anak-anak.

 Ia juga menjelaskan butuh waktu kurang lebih 4 bulan untuk menyelesaikan pembuatan robot lengan ini. “Robot ini merupakan bahan Tugas Akhir saya sebgai salah satu syarat kelulusan dari Politeknik Caltex Riau. Butuh waktu kurang lebih 4 bulan untuk menyelesaikan robot lengan ini, mulai dari perancangan dan pembuatannya”, jelasnya.

Ia juga menambahkan, pergerakan robot ini masih belum tergolong smooth dan bisa dikembangkan untuk penggunaan sensor untuk memindahkan benda. Selain itu, tantangan saya dari pembuatan robot ini yakni pada tahap pembuatan program nya.

  • Berita
Bagikan ke teman