Kunjungi PCR, Dinas Perindustrian Provinsi Riau Jalin Kerjasama Bidang Teknologi Industri

Pekanbaru (1/8) – Kepala Dinas Perindustrian Provinsi Riau, Drs. Asrizal, M.Pd beserta jajarannya berkunjung ke Kampus Politeknik Caltex Riau (PCR). Kunjungan ini dilakukan dalam rangka untuk menjalin kerjasama dalam pemanfaatan ilmu teknologi dalam bidang Industri Kecil Menengah (IKM) di Provinsi Riau.

 

Kunjungan ini disambut hangat oleh Direktur dan staf PCR. Pada pertemuan ini Asrizal memaparkan kondisi Industri Kecil Menengah (IKM) yang berkembang di Provinsi Riau, diantarannya industri pengolahan kopi di Kabupaten Kepulauan Meranti dan industri pengolahan nenas di Kabupaten Kampar dan 5 kabupaten lainnya.

Asrizal menyampaikan tercatat 1.000 hektar kebun kopi terdapat di Kabupaten Kepulauan Meranti yang penghasil biji kopi yang di olah secara tradisional dan di ekspor ke negara tetangga untuk dihasilkan produk kopi yang berkualitas.  Ia berpendapat bahwa Provinsi Riau seharusnya dapat menjadi industri yang mandiri sehingga dapat  meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat Riau.

“Provinsi Riau memiliki berbagai macam sektor industri baik dalam skala kecil dan menengah. Namun, dikarenakan masih kurangnya pengetahuan masyarakat dalam hal pengelolaan industri yang kreatif, modern, dan mandiri, maka pertumbuhan ekonomi di Riau juga masih lambat. Dengan adanya pemanfaatan teknologi yang modern, maka sektor industri di Provinsi Riau menjadi lebih baik dan dapat menembus pasar nasional dan global”, jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, Asrizal dan jajarannya serta beberapa perwakilan IKM berkesempatan untuk berkeliling kampus PCR untuk melihat fasilitas dan aktifitas di laboratorium serta workshop PCR. Selain itu, rombongan juga melihat beberapa karya mahasiswa PCR yaitu alat pengiris bawang otomatis serta alat pemerah lendir dan pengering biji cokelat.

“Karya – karya mahasiswa ini kreatif dan perlu untuk dikembangkan sehingga mahasiswa dapat berinovasi di dunia industri.  Dalam hal ini, pemerintah bersedia memfasilitasi dalam hal pengembangan teknologi industri”, tambahnya.

Direktur PCR Dr. Dadang Syarif SS, S.Si.,M.Sc menyambut baik dan hal ini merupakan tantangan baru bagi PCR.

“Pada dasarnya kami sangat senang dan menyambut baik kerjasama PCR dengan pemerintah dalam hal pengembangan teknologi industri. Dan ini merupakan tantangan baru bagi kami”, pungkasnya.

  • Berita
Bagikan ke teman