Dosen PCR Ikuti Program Retooling di Korea Selatan

Korea Selatan – Kemenristekdikti berupaya meningkatkan kualitas pendidikan perguruan tinggi vokasi dengan melaksanakan program Revitalisasi Pendidikan Tinggi Vokasi. Retooling adalah salah satu kegiatan yang dilakukan untuk mendukung upaya tersebut. Tujuan kegiatan Retooling adalah untuk mewujudkan pendidikan tinggi vokasi yang link and match dengan kebutuhan dunia usaha dan industri. Kegiatan dilakukan dengan meningkatkan kualitas dan kapabilitas dosen melalui pelatihan non degree yang dilaksanakan di dalam dan luar negeri. Politeknik Caltex Riau menyambut program tersebut dengan memberikan kesempatan kepada Dosen PCR untuk berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Salah satu kegiatan pelatihan luar negeri dilaksanakan di Korea Selatan. Kegiatan ini dilaksanakan atas kerja sama antara Kemenristekdikti dengan Koreatech University and Education di Cheonan, Korea Selatan.

 

Program training non degree di  Koreatech University and Education diikuti oleh 48 orang dosen dari berbagai perguruan tinggi swasta maupun negeri di Indonesia. Kegiatan ini dibagi ke dalam 3 (tiga) program yaitu Training IoT Application Programming, Training PLC, Training Solar Cell. PCR mengirimkan 2 (dua) orang dosen untuk mengikuti kegiatan ini. Kedua dosen tersebut adalah Sugeng Purwantoro E.S.G.S., S.T., M.T. yang mengikuti program Training IoT Application dan Elva Susianti, S.S.T., M.T. yang mengikuti  program Training PLC.

Pada program Training IoT Application peserta diberikan materi tentang Arduino, Raspberry Pi, pemrograman Java, pemrograman Android, pemrograman Alexa, Spring Framework, dan Database. Sedangkan untuk Training PLC, materi yang diberikan antara lain: Pengenalan PLC Mitsubishi, Pneumatic dan Hydrolic dengan PLC, Kontrol motor dengan PLC, HMI, dan Industrial process. Setiap materi program tersebut dievaluasi dan diakhiri dengan project yang dikerjakan peserta.

Sugeng menjelaskan bahwa selain program pelatihan khusus engineering, peserta training juga dibekali dengan Training HRDI (Human Resources Development Initiative). Materi training HRDI meliputi metodologi pengajaran dan proses evaluasi. Training ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan pengajaran dosen dengan mempelajari berbagai metode yang relevan. Selain itu, peserta juga dapat menghadiri kegiatan Exibition (Pameran) yang dilaksanakan di Korea Selatan yaitu IoT Exibition pada (13/9/2018) dan Korea Energy Show (KINTEX). Selain itu, saat akhir pekan peserta juga dapat menikmati vacation ke beberapa tempat menarik di Korea Selatan.

“Banyak Pengetahuan dan Kompetensi yang dapat diambil dari program Training ini yang beberapa mungkin terkesan baru bagi kami. Mudah-mudahan bisa menambah keilmuan dan kompetensi kami sehingga bisa diterapkan di Politeknik Caltex Riau jika kami pulang nantinya,” pungkasnya. Program training ini dilaksanakan sejak 12 Agustus 2018 dan dijadwalkan akan selesai pada 3 November 2018 mendatang.

 

  • Berita
Bagikan ke teman