Jalin Mitra dengan Guru SMK, Dosen Jurusan Teknologi Informasi Gelar Workshop Android

Pekanbaru (23/7) – Dosen Jurusan Teknologi Informasi Politeknik Caltex Riau mengadakan Workshop Android Dasar untuk Pembangunan Aplikasi Mobile pada hari Sabtu, 20 Juli 2019 di Laboratorium Komputer Politeknik Caltex Riau.

 

Kegiatan ini merupakan pengabdian kepada masyarakat oleh dosen-dosen program studi Teknik Komputer, Teknik Informatika dan Sistem Informasi Politeknik Caltex Riau. Pengabdian kepada masyarakat merupakan kegiatan wajib yang dilakukan oleh para dosen yang menjadi bagian dari tridarma perguruan tinggi. 

Adapun dosen yang menjadi pemateri pada workshop ini adalah Yuli Fitrisia, S.T.,M.T., Mardiah Fadli, S.T., M.T., Shumaya Resty Ramadhani, S.ST., M.Sc., Indah Lestari, S.ST., M.T serta dibantu oleh beberapa mahasiswa.

Yuli salah satu pemateri mengatakan kegiatan workshop ini merupakan lanjutan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk guru SMK di Kota Pekanbaru. Adapun sekolah yang menjadi mitra pada kegiatan workhshop ini adalah SMKN 4, SMKN 5, SMKN 6, SMKN 7, SMKN 8, SMKS Hasanah, SMKS Multi Mekanik Masmur, dan SMKS Muhammadiyah 3 Terpadu Pekanbaru

“Pada tahun 2017, kita telah PkM untuk pembangunan aplikasi Android oleh beberapa dosen-dosen Jurusan Teknologi Informasi untuk para guru SMK. Tetapi berdasarkan survey kuisioner yang diberikan, para peserta masih merasa kurang dengan waktu yang diberikan dan materi yang diberikan juga masih terbatas sehingga perlu adanya training lanjutan,” Ujarnya.

Ia juga menjelaskan kegitan ini bertujuan untuk membantu para guru SMK memiliki pemahaman dasar tentang konsep dasar proses pengembangan aplikasi berbasis mobile dan membantu mitra memiliki keterampilan untuk membuat aplikasi mobile Android dengan menggunakan tools

Kegiatan yang diikuti oleh 20 orang guru SMK dari jursan Rekayasa Perangkat Lunak ini mendapat apresiasi yang tinggi dan para guru merasa sangat puas dengan kegiatan yang telah dilakukan.

Dengan adanya workshop ini diharapkan menambah pemahaman dan keterampilan guru SMK terhadap pengembangan aplikasi mobile sebagai bagian dari materi yang akan diberikan ke siswa. Selain itu nantinya akan ada banyak aplikasi menarik dan bermanfaat yang dapat dibuat di SMK sebagai materi pelajaran yang diberikan ke siswa.

 

  • Berita
Bagikan ke teman