Tingkatkan Kemampuan dan Pengetahuan Pelajaran Fisika, Dosen PCR Berikan Modul Pembelajaran dan Pelatihan Rangkaian Listrik Seri - Paralel kepada Siswa SMA IT Imam Syafii 2 Pekanbaru

Pekanbaru (3/12) - Guna meningkatkan kualitas pendidikan di Pekanbaru, Program Studi Teknik Teknik Telekomunikasi Politeknik Caltex Riau memberikan modul pembelajaran dan pelatihan Rangkaian Listrik Seri-Paralel kepada para siswa SMA IT Imam Syafii 2 Pekanbaru pada hari Jumat 22 November 2019.

 

Pelatihan ini merupakan bagian dari kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang dilakukan oleh staf pengajar di Program Studi Teknik Telekomunikasi. Pengabdian kepada Masyarakat merupakan kegiatan wajib dilaksanakan oleh dosen yang menjadi bagian dari tri dharma perguruan tinggi.

Adapun yang menjadi pemateri pada kegiatan pelatihan ini sebanyak 5 (lima) orang dosen. Pemateri tersebut antara lain adalah ketua tim Rizadi Sasmita Darwis, S.T., M.T., Dr. Mohammad Yanuar Hariyawan, S.T., M.T., Siska Novita Posma, S.T., M.T., Noptin Harpawi, S.T., M.T., serta Muhammad Diono, S.ST., M.T.

Ketua kegiatan Rizadi Sasmita Darwis, S.T., M.T. mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini yakni membuat modul pembelajaran Rangkaian Seri-Paralel sebagai penunjang mata pelajaran Fisika.

“Kita dari Program Studi Teknik Telekomunikasi membuat modul pembelajaran tersebut, setelah membuat kita memberikan pelatihan dan mempraktekkan secara langsung modul pembelajaran yang dibuat agar dapat meningkatkan keilmuan siswa-siswa SMAIT Imam Syafii 2 dalam menerapkan ilmu yang telah didapat secara teori,” jelasnya

Ia juga mengatakan bahwa proses belajar yang baik tentunya tidak terbatas hanya pada tataran teoritis, tetapi juga pada tataran praktik. Rangkaian seri dan Paralel adalah salah satu topik dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam yang membutuhkan alat bantu dalam memahami teori dan  mengobservasi serta memahami fenomena pada rangkaian seri dan paralel. Jadi para siswa diberikan kesempatan berlatih menggunakan modul tersebut untuk meningkatkan ketrampilan sebagai penerapan bahan/pengetahuan yang telah mereka pelajari sebelumnya mencapai tujuan pengajaran.

Menurut dosen senior yang juga menjabat sebagai Wakil Direktur Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Dr. Mohammad Yanuar H, M.T. sangat mendukung dengan adanya kegiatan ini. Praktek kali ini sangat bermanfaat bagi para siswa SMA jurusan IPA.  Siswa dapat secara langsung membandingkan antara teori dan praktek terkait fenomena yang terjadi pada rangkaian seri dan paralel.

“Para siswa sangat antusias ketika merangkai resistor dalam berbagai kombinasi dan mengukur arus dan tegangan pada rangkaian tersebut menggunakan multimeter analog. Ini merupakan pengalaman baru bagi mereka, bagaimana mereka harus menentukan polaritas, range pengukuran, membaca hasil pengukuran dan setelah itu membandingkan antara hasil pengukuran dengan teori. Diharapkan dengan pelatihan ini, pemahaman siswa tentang teori rangkaian seri dan palalel menjadi lebih baik,” ungkapnya

Sementara itu, Kepala Sekolah SMA IT Imam Syafii 2 Pekanbaru sangat berterimakasih kepada Program Studi Teknik Telekomunikasi dengan adanya kegiatan pelatihan serta pemberian modul pembelajaran ini.

“Alhamdulillah kegiatan pelatihan seri dan paralel sangat bermanfaat baik bagi siswa maupun bagi majelis guru. Siswa mendapat pengajaran langsung dari Dosen PCR yang sudah berpengalaman dan berpendidikan S3. Mejelis guru juga terbantu dlm menyampaikan materi kelistrikan. Peralatan praktikum yg diberikan juga menambah sarpras labor yg memang blm lengkap . Jazakumullahukhairan kami ucapkan kepada pihak PCR, semoga kerjasama ini dapat terus terjalin dalam meningkatkan mutu dan kualitas kedua lembaga,” pungkasnya

  • Berita
Bagikan ke teman