Kolaborasi dengan Kemenkominfo, PCR Siapkan 3 Skema pada Vocational School GraduateAcademy (VSGA) Digital Talent Scholarship 2020

Pekanbaru (25/8) – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) berkolaborasi bersama Politeknik Caltex Riau untuk menyelenggarakan Vocational School Graduate Academy (VSGA) pada program Digital Talent Scholarship 2020. Pendaftaran dibuka mulai tanggal 11 – 27 Agustus di website digitalent.kominfo.go.id.

 

Program Vocational School Graduate Academy (VSGA) adalah program pelatihan intensif berbasis kompetensi nasional yang ditujukan bagi lulusan Pendidikan Vokasi (SMK, D3, D4) bidang TIK, Elektro, Telekomunikasi, Desain Komunikasi Visual, Animasi, Multimedia yang belum bekerja. Program VSGA bertujuan untuk mencetak talenta/SDM level teknisi dalam bidang digital.

Wakil Direktur Bidang Kerja Sama, Pemasaran dan Alumni Politeknik Caltex Riau, Muhammad Ihsan Zul, S.Pd., M.Eng mengatakan bahwa PCR ditunjuk Kemenkominfo menjadi salah satu perguruan tinggi yang menyelenggarakan kegiatan pada program Digital Talent Scholarship 2020.

“Kemenkominfo bekerja sama dengan 37 mitra Perguruan Tinggi yang tersebar di seluruh Indonesia dan Lembaga Sertifikasi Kompetensi (LSP). Dalam hal ini, PCR menjadi salah satu perwakilan dari Provinsi Riau untuk menyelenggarakan kegiatan ini,” jelasnya.

Ihsan juga menegaskan bahwa Politeknik Caltex Riau siap untuk menyelenggarakan program Digital Talent Scholarship 2020 khususnya pada Vocational School Graduate Academy.

“PCR siap berkolaborasi dengan Kemenkominfo dalam menyukseskan program ini. PCR juga memiliki pengalaman beberapa kali sudah menyelenggarakan kegiatan peningkatan SDM baik dengan pemerintah daerah maupun perusahaan. Belum lama ini kita juga melakukan kegiatan yang mirip dengan VSGA ini yakni Program Peningkatan Tenaga Kerja berupa pelatihan dan sertifikasi pada bidang jaringan, akuntansi serta kesehatan dan keselamatan kerja yang digagas oleh SKK Migas-PT Chevron Pacific Indonesia,” tegasnya.

Didukung dengan tersedianya fasilitas laboratorium komputer dan telekomunikasi yang memadai di Politeknik Caltex Riau, program Vocational School Graduate Academy (VSGA) ini akan memiliki 3 (tiga) skema yakni Network Administrator, Multimedia Programmer serta Drivetester.

“Insha Allah, program pelatihan ini akan segera dilaksanakan. Saat ini Kemenkominfo sedang membuka pendaftaran program tersebut di website digitalent.kominfo.go.id hingga tanggal 27 Agustus mendatang. Jumlah kuota peserta untuk mengikuti program ini di PCR sebanyak 75 orang,” tambahnya. 

  • Berita
Bagikan ke teman