Pustakawan PCR Raih Harapan II pada Ajang Pemilihan Pustakawan Berprestasi Tingkat Provinsi Riau 2020

Pekanbaru (26/8) – Politeknik Caltex Riau meraih prestasi pada ajang pemilihan pustakawan berprestasi tingkat Provinsi Riau tahun 2020. Prestasi ini diraih oleh staf perpustakaan PCR Nursalim, S.IP. yang berhasil menjadi terbaik harapan II pada ajang tersebut.

 

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau. Kegiatan ini rutin diselenggarakan setiap tahunnya untuk memicu dan memberikan spirit bagi Pustakawan se Provinsi Riau agar lebih kreatif dan inovatif.

Kegiatan ini diikuti oleh 8 peserta dari berbagai instansi pemerintahan Kabupaten/Kota dan perguruan tinggi se Riau.

Staf Perpustakaan Politeknik Caltex Riau Nursalim mengatakan bahwa untuk mengikuti ajang ini dan bisa meraih prestasi harus melalui beberapa tahapan.

“Alhamdulillah, saya berhasil meraih prestasi dan membawa nama harum Politeknik Caltex Riau. Ada tiga tahapan yang saya lalui dalam ajang ini. Yang pertama mengikuti tes kognitif, presentasi karya ilmiah dan dilanjutkan wawancara. Semua tahapan itu saya ikuti pada tanggal 25 Agustus 2020,” ujarnya

Pada ajang pemilihan pustakawan berprestasi, Nursalim mengusung tema pengembangan sistem perpustakaan berbasis website. Pada masa pandemi Covid-19 saat ini, pengembangan sistem perpusatkaan berbasis website ini sangat bagus.

Perpustakaan Politeknik Caltex Riau salah satu pendukung utama kegiatan akademik kampus PCR. Perpustakaan PCR, mengelola 18 Proses Bisnis dan terus berusaha untuk mengembangkannya pada sistem SLiMS perpustakaan yang ada.

“Ada beberapa proses bisnis yang belum diakomodir oleh sistem Perpustakaan PCR yaitu, Pengurusan ISBN (International Standard Book Number) Penerbit Politeknik Caltex Riau dan pengembangan Koleksi Buku Perpustakaan,” ujarnya

Ia juga menambahkan bahwa Perpustakaan PCR sudah melakukan identifikasi masalah atau kekurangan pada sistem SLiMS saat ini, dan juga sudah melakukan identifikasi kemungkinan untuk mengintegrasikan sistem yang akan dibangun dengan sistem SLiMS Perpustakaan PCR. hasil dari identifikasi menunjukkan bahwa sistem SLiMS tidak memungkinkan penambahan fitur/menu diluar dari fitur yg telah disediakan oleh SLiMS. Sehingga, utk fitur pengurusan ISBN dan fitur Pengembangan koleksi buku, harus membuat sistem baru dengan login melalui sistem SLiMS.

“Dengan adanya fitur-fitur pada sistem pengajuan ISBN maupun pengembangan koleksi diharapkan dapat membantu sivitas akademika Politeknik Caltex Riau dan Selain itu juga dapat membantu staf dalam pengelolaan pengajuan ISBN dan pengembangan koleksi,” ungkap Nursalim.

 

Bagikan ke teman