Pendaftaran Mahasiswa Baru 2021 Jalur PSUD PCR sudah Dibuka, Catat tanggal dan Persyaratannya

Pekanbaru (7/10) - Politeknik Caltex Riau (PCR) telah membuka pendaftaran mahasiswa baru tahun akademik 2021. Jalur pertama yang dibuka yaitu Penjaringan Siswa Unggul Daerah (PSUD).

 

Jalur PSUD ini dibuka sejak 5 Oktober 2020 dan akan berakhir pada pada 5 Maret 2021 mendatang. PSUD merupakan salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru PCR yang seleksinya menggunakan rata - rata nilai rapor semester 1 - 4 dan prestasi siswa.

Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru Tianur, S.S.T., M.Eng. mengatakan bahwa penerimaan mahasiswa baru tahun ini dilakukan secara daring.

“Pada masa pandemi ini kita mencoba memudahkan semua proses pendaftaran mahasiswa baru.Calon mahasiswa dapat langsung mendaftar PSUD di website https://pmb.pcr.ac.id kemudian melengkapi persayaratannya secara online,” ujarnya.

Tianur juga menjelaskan bahwa pada jalur ini pendaftar juga dapat mengajukan beasiswa Yayasan Politeknik Chevron Riau (YPCR) yang disandingkan dengan KIP Kuliah.

“PSUD merupakan kesempatan untuk para siswa yang memiliki prestasi akademik maupun non akademik untuk mendapatkan beasiswa  dari YPCR yang disandingkan dengan KIP Kuliah. Untuk pengajuan beasiswa tersebut,  pendaftar dapat memperoleh form beasiswa dari sekolah atau dapat juga request melalui email panitia pmb@pcr.ac.id,” jelasnya.

Ia juga menambahkan bahwa beasiswa tersebut bersifat penuh yaitu seluruh biaya perkuliahan dari awal masuk hingga akhir kuliah akan ditanggung oleh YPCR serta akan diberikan uang saku  yang diperoleh dari KIP Kuliah.

Jalur  PSUD ini memiliki beberapa keunggulan dibanding jalu lainnya, diantaranya yakni proses pendaftaran PSUD sangat mudah, gratis biaya pendaftaran, biaya daftar ulang lebih murah dibandingkan jalur lain, dan memiliki peluang mendapatkan beasiswa.  Selain itu, pendaftar juga akan memiliki peluang yang besar untuk memilih program studi yang diinginkan karena jalur ini adalah jalur pertama yang dibuka.

Adapun tanggal penting pada proses pendaftaran PSUD dimulai pada tanggal 5 Oktober 2020 hingga 5 Maret 2021. Pengumuman pada tanggal 10 Maret 2021 serta daftar ulang 15-19 Maret 2021. Untuk persyaratan pendaftaran ini antara lain lulusan tahun 2021 atau maksimal 2 tahun dari tahun penerimaan. Kemudian nilai rapor sekolah menengah dari semester 1 - 4 dengan nilai rata - rata minimal 7,5 yang diambil dari 3 mata pelajaran. Untuk SMA/MA Jurusan IPA, mata pelajaran yang diseleksi yaitu Matematika, Bahasa Inggris, dan Fisika. Sedangkan SMA/MA Jurusan IPS, mata pelajaran yang diseleksi yaitu Matematika, Bahasa Inggris, dan Ekonomi/Akuntansi. Untuk SMK, mata pelajaran yang diseleksi yaitu Matematika, Bahasa Inggris, dan Rata - Rata Program Produktif/Keahlian.

Selain itu, pendaftar yang mengikuti jalur ini wajib memilih program studi yang linier dengan jurusan di sekolah menengah, yaitu siswa/i SMA/MA jurusan IPA dapat memilih program studi Teknik, sedangkan siswa/i SMA/MA  jurusan IPS dapat memilih program studi D3-Akuntansi dan D4 - Sistem Informasi. Untuk siswa/i yang berasal dari SMK, dapat memilih program studi sesuai bidang keahlian di sekolah. 

Untuk informasi terkait pendaftaran mahasiswa baru 2021 Politeknik Caltex Riau dapat mengunjungi website https://pmb.pcr.ac.id. Kontak panitia dapat  menghubungi 08117580101 atau media sosial lainnya seperti Instagram dan Facebook.

  • Berita
Bagikan ke teman