Dosen PCR Berikan Workshop Video Editing dan Broadcasting serta Pelatihan Panahan Tingkat Dasar Program Kementerian RISTEK/BRIN kepada Remaja Masjid Ash-Siddiq Pekanbaru

Pekanbaru (20/10) – Dosen Politeknik Caltex Riau menggelar workshop video editing dan broadcasting serta pelatihan panahan tingkat dasar kepada remaja Masjid Ash-Siddiq, Pekanbaru Riau pada tanggal 8 – 9 Agustus dan 17 Oktober 2020.

 

Kegiatan ini merupakan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang dilakukan oleh Mochamad Susantok, S.S.T., M.T. dan Sungeng Purwantoro, S.T., M.T. dengan mitra PkM adalah Direktorat Kepemudaan dan Olahraga Yayasan Islam Ash-Siddiq (YIAS).

“Program ini didanai oleh Kementrian RISTEK/BRIN Tahun Anggaran 2020 dibawah koordinasi BP2M Politeknik Caltex Riau. Tujuan dari kegiatan ini untuk memberikan keterampilan remaja dan pemuda di sekitar masjid Ash-Siddiq dengan memberikan pelatihan dan workshop berbasis teknologi,” ujar Susantok

Ia juga menambahkan bahwa para peserta berasal dari lingkungan RW 10, 11 dan 13. Program PkM ini juga memiliki beberapa kegiatan utama.

“Program PkM ini memiliki dua kegiatan utama, pertama yaitu pengadaan infrastruktur internet di sekitar area masjid untuk akses informasi dan media publikasi kegiatan masjid ke media sosial secara live streaming. Kedua yaitu kegiatan pelatihan panahan tingkat dasar dan workshop video editing broadcasting,” tambahnya

Kegiatan workshop video editing dan broadcasting ini memberikan ketrampilan dan pengetahuan tentang teknik multimedia broadcasting kepada para peserta. Materi workshop meliputi pengetahuan dasar tentang konten multimedia, penggunaan software video editing yang berbasis desktop maupun smartphone.

Sedangkan untuk teknik broadcasting, peserta diperkenalkan tentang perlatan kamera, pencahayaan dan peralatan pendukung lainnya. Setelah itu para peserta dilatih bagaimana teknik mengambil video serta teknik broadcasting ke media sosial seperti facebook, youtube, dan instagram.

Tidak hanya itu saja, untuk menambah alternatif bentuk olahraga yang secara sunnah dianjurkan oleh agama islam, Tim PkM juga memberikan pelatihan panahan tingkat dasar. Materi yang diberikan adalah tingkat dasar meliputi pengenalan peralatan panahan, teknik memasang busur, teknik berdiri dan membidik, teknik memanah dan teknik mencabut anak panah dari target. Diharapkan olahraga panahan ini menjadi kegiatan rutin yang bisa dilanjutkan untuk sampai tingkat perlombaan

Susantok barhapan setelah program ini selesai, mitra yaitu Direktorat Kepemudaan dan Olahraga YIAS memiliki SDM di kalangan remaja yang terampil sebagai tim media kreatif untuk berperan dalam hal produksi konten digital seperti video dan mempublikasikannya di media sosial untuk syi’ar kebaikan yang lebih luas lagi.

Pengabdian kepada masyarakat merupakan kegiatan wajib yang dilakukan oleh para dosen yang menjadi bagian dari tridarma perguruan tinggi. PkM ini didukung sepenuhnya oleh BP2M (Bagian Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat) Politeknik Caltex Riau.

  • Berita
Bagikan ke teman