Tingkatkan Literasi Bidang Informatika, PCR Berikan Pelatihan Pengelolaan Blog kepada Santri SMAIT Imam Syafii 2 Pekanbaru

Pekanbaru (8/2) – Program Studi Sistem Informasi Politeknik Caltex Riau menggelar pelatihan pengelolaan blog untuk santri SMAIT Imam Syafii 2 Pekanbaru. Pelatihan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 6 Februari 2021.

 

Pelatihan ini merupakan bagian dari kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang dilakukan oleh staf pengajar di Program Studi Sistem Informasi.Pengabdian kepada Masyarakat merupakan kegiatan wajib dilaksanakan oleh dosen yang menjadi bagian dari tri dharma perguruan tinggi.

Kegiatan yang diketuai oleh Satria Perdana Arifin, S.T., M.T.I dilakukan secara daring dari Kampus PCR dan Sekolah SMA IT Imam Syafii 2.  Satria mengungkapkan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk memberikan wawasan dan meningkatkan literasi para santri khususnya pada bidang informatika.

“Kemampuan menulis pelajar yang rendah, padahal kemampuan menulis sangat diperlukan saat menginjak Pendidikan yang lebih tinggi. Selain itu, kurikulum komputer pada tingkat sekolah yang diperoleh tidak hands-on langsung menyentuh praktiknya. Maka PKM ini setidaknya memberikan praktik antara teori yang diperoleh dengan implementasinya,” ungkapnya

Pada kegiatan ini, para siswa diberikan beberapa materi antara lain, memberikan pengetahuan konsep dan teori mengenai blog, workshop pembuatan dan pengembangan blog menggunakan wordpress serta membuat Search Engine Optimization (SEO) agar blog dapat tampil menarik dan muncul pada pencarian pertama pada google. Sehingga diharapkan dapat meningkatkan literasi para genarasi muda nantinya.

Dr. Dadang Syarif SS, S.Si., M.Sc. narasumber dalam kegiatan ini  mengatakan bahwa salah satu instrumen keberhasilan dalam kehidupan dunia saat ini adalah literasi digital.

“Para generasi muda kita harus dibekali dan mempunyai kemampuan yang cukup pada bidang ini. Literasi digital yang harus dikuasai tidak hanya sebatas bagaimana mendapatkan informasi dari dunia digital. Hal yang lebih penting juga adalah bagaimana generasi muda kita bisa menggunakan dan memanfaatkan teknologi digital ini untuk membuat karya dan memanfaatkannya dalam berbagai hal yang positif,” Ujar Dadang

Dadang juga menambahkan bahwa pelatihan pengelolaan blog ini bisa dijadikan pemicu dan pemacu para generasi muda untuk dapat berkarya secara nyata di dunia digital ini, yang hakikatnya merupakan dunia mereka. Dengan literasi digital yang memadai, diharapkan para generasi muda ini akan terus mengembangkan potensinya dalam menjawab berbagai macam tantangan dunia saat ini.

Sementara itu, Muhammad Rizki Fadli, S.Kom. selaku guru di SMAIT Imam Syafii 2 mengucapkan terimakasih atas program kegiatan pelatihan untuk para santri.

“Pandemi Covid-19 berdampak pada perubahan proses yang terjadi, memaksa orang untuk lebih melek terhadap pemanfaatan teknologi informasi. Termasuk dalam proses pembelajaran, pelajar sebaiknya lebih mengoptimalkan penggunaan teknologi informasi ini untuk belajar dan hal positif lainnya, termasuk meningkatkan kemampuan literasi. Semoga dengan adanya program PKM ini dapat memberikan manfaat bagi kami,” tuturnya

Adapun staf pengajar yang ikut serta dalam kegiatan PkM ini adalah Dr. Dadang Syarif SS, S.Si., M.Sc., Dr. Yohana Dewi Lulu W, S.Si., M.T., Nina Fadilah Najwa, S.Kom., M.Kom., serta dibantu beberapa mahasiswa Program Studi Sistem Informasi.

 

  • Berita
Bagikan ke teman