Inovasi Energi Terbarukan, Mahasiswa PCR Membuat Panel Surya Portabel dengan Pelacak Matahari Otomatis

Pekanbaru (10/2) - Mahasiswa Politeknik Caltex Riau (PCR) berhasil membuat sebuah panel surya portable dengan pelacak matahari otomatis. Alat ini merupakan hasil dari Proyek Akhir (PA) Andreas Lokananta yang merupakan mahasiswa Alih Jenjang dari Program Studi D4 Teknik Elektornika Telekomunikasi.

 

“Tidak adanya sumber daya listrik ketika kita ingin melakukan isi daya gadget atau perangkat lainnya dan berada di alam bebas seperti hutan, danau atau tempat lainnya. Pemanfaatan tenaga matahari menjadi salah satu pilihan yang tepat. Hal itu menjadi dasar saya membuat alat powerbank panel surya dengan pelacak matahari secara otomatis,” ungkap Andreas

Panel surya adalah sebuah sistem yang dapat digunakan untuk mengubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik dengan menggunakan prinsip yang disebut efek photovoltaic. Energi listrik yang dihasilkan akan disimpan ke dalam sebuah baterai, kemudian digunakan untuk mengoperasikan perangkat elektronik sesuai kebutuhan listriknya.
Andreas juga mengatakan bahwa alat yang dibuat pada tugas akhir ini dibangun dengan menggabungkan powerbank dan panel surya yang memiliki sensor untuk melacak sinar matahari sehingga penerimaan cahaya matahari lebih maksimal. 

“Untuk menyelesaikan alat ini membutuhkan waktu dari bulan maret 2020 hingga januari 2021 silam. Semoga alat ini nantinya dapat mengatasi kebutuhan daya listrik untuk mengisi perangkat elektronik saat berada di alam bebas,” katanya

Sementara itu, Noptin Harpawi, S.T., M.T. selaku pembimbing pada proyek akhir Andreas Lokananta mengatakan selamat atas selesainya pembuatan panel surya portable. 

“Walapun kondisi pandemi dan padatnya pekerjaan di perusahaan tempat iya bekerja serta proses bimbingan yang dilakukan secara daring. Hal ini tidak menyurutkan semangat Andreas untuk menyelesaikan penelitian ini. Pembuatan alat ini merupakan bentuk penerapan ilmu yang telah dipelajari selama di PCR,” ungkapnya

Sementara itu, Dr. Mohammad Yanuar Hariyawan, S.T., M.T. dan Wahyuni Khabzli, S.T., M.T. selaku penguji pada proyek akhir ini sangat mendukung dengan pembuatan panel surya portable dengan pelacak matahari otomatis. Semoga alat ini dapat sangat bermanfaat dan sangat sesuai dengan usaha manusia saat ini untuk berpindah ke renewable energy.

  • Berita
Bagikan ke teman