Dukung Pengembangan Pertanian Modern, PCR Sepakat Jalin Kerja Sama dengan BPTP Riau

Pekanbaru (3/3) - Mendukung pengembangan pertanian modern di Provinsi Riau terutama dalam penerapan teknologi pertanian 4.0, Politeknik Caltex Riau sepakat menjalin kerja sama dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Riau. Kesepakatan kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) yang dilakukan pada hari Selasa, 2 Maret 2021 di Ruang Direktur PCR.

 

Penandatangan dilakukan oleh Dr. Mohammad Yanuar Hariyawan, S.T., M.T. selaku direktur PCR dengan Dr. Salwati Kepala BPTP Balitbangtan Riau .Turut hadir Wakil Direktur Bidang Pemasaran, Kerjasama dan Alumni, Muhammad Ihsan Zul, S.Pd., M.Eng., Sub Koordinator Kerjasama Fahroji, STP., M.Sc. dan Penanggungjawab Kerjasama Viona Zulfia, STP., M.Sc. serta Ketua Program Studi Teknik Telekomunikasi Noptin Harpawi, S.T., M.T.

Pada kesempatan ini Dr. Yanuar menyampaikan tentang profil PCR secara umum. PCR merupakan salah satu Perguruan Tinggi di Provinsi Riau yang berdiri tahun 2000 yang memiliki 11 program studi.

"Sebagai Lembaga perguruan tinggi juga harus mempunyai mitra dengan Industri, Dunia Usaha, dan Dunia Kerja (INDUKA) baik itu swasta maupun intansi pemerintahan" Ujar Yanuar

Yanuar berharap BPTP Balitbangtan Riau bisa menjadi salah satu mitra PCR dalam bidang pertanian. PCR dengan basic keteknikan mempunyai kompetensi dalam penerapan teknologi, misalnya aplikasi alat mesin pertanian otomatis untuk mendukung pembangunan pertanian di Prov. Riau.

Kepala BPTP Balitbangtan Riau juga berkesempatan menyampaikan tupoksi BPTP Balitbangtan Riau sebagai UPT Litbang Kementerian Pertanian yang berada di daerah dengan tugas melaksanakan pengkajian, perakitan, pengembangan, dan diseminasi teknologi pertanian tepat guna spesifik lokasi.

Disamping itu, Kementerian Pertanian saat ini juga sedang menggalakkan penggunaan teknologi 4.0 di mana teknologi yang digunakan beralih dari konvensional menuju teknologi modern dengan menggunakan mesin. Mahasiswa PCR juga bisa melaksanakan magang di BPTP Balitbangtan Riau untuk mengaplikasikan ilmu yang diperoleh di kampus.

Hingga saat ini, PCR telah memiliki banyak kerja sama dengan perguruan tinggi, instansi pemerintah dan perusahaan-perusahaan mitra, baik di dalam maupun luar negeri. Kerja sama ini tidak hanya dalam bentuk dokumen tertulis saja, tetapi juga direalisasikan dalam bentuk kegiatan yang bermanfaat bagi semua pihak

  • Berita
Bagikan ke teman