Dosen Politeknik Caltex Riau Hibahkan Stasiun Pengisi Baterai Smartphone Berbasis Energi Terbarukan ke MAN 2 Pekanbaru

Pekanbaru (9/12) – Mendukung kampanye energi bersih, dosen Program Studi Teknik Telekomunikasi (PSTT) dan Teknik Elektronika Telekomunikasi (PSTET) membuat stasiun pengisian baterai smartphone. Stasiun pengisian baterai dibuat dengan memanfaatkan panel surya sebagai sumber energi. Stasiun pengisian baterai ini dihibahkan ke Sekolah MAN 2 Pekanbaru pada 19 November 2021.

 

Kegiatan hibah ini merupakan bagian dari kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang dilakukan oleh staf pengajar di Politeknik Caltex Riau. Pengabdian kepada Masyarakat merupakan kegiatan wajib dilaksanakan oleh dosen yang menjadi bagian dari tri dharma perguruan tinggi.

Kegiatan PkM ini dilakukan oleh Wira Indani, S.T., M.T. selaku ketua tim, Noptin Harpawi, S.T., M.T., M Suhairi, S.Pd., M.T., Yuli Triyani, S.S.T., M.Eng., Dr. M Yanuar Hariyawan, M.T. serta dibantu oleh mahasiswa Yudistira Willimra, dan Agus Wahyudi.

Yuli selaku ketua program studi Teknik Telekomunikasi mengatakan bahwa saat ini Smartphone menjadi kebutuhan penting dalam kehidupan termasuk juga dalam dunia pendidikan.

“Pemanfaatan Smartphone di dunia pendidikan sangat cepat perkembangannya. Pada saat proses belajar siswa dalam hal penelusuran informasi, diskusi online, pengumpulan tugas dan lain-lain kini menjadi mudah. Oleh sebab itu kebutuhan akan sumber pengecasan pasti akan meningkat seiring meningkatnya aktivitas penggunaan smartphone. Ini adalah salah satu solusi untuk melayani kebutuhan tersebut,” ungkap Yuli

Senada dengan Yuli, Noptin juga mengungkapkan bahwa dengan adanya alat ini dapat mempermudah siswa dalam mencari informasi. Selain itu, pembuatan alat ini juga merupakan implementasi dari ilmu pengetahuan yang dipelajari di PSTT dan PSTET.

“Kini tidak perlu khawatir akan listrik padam dan kondisi batrai smartphone habis. Kita harapannya, stasiun pengisi baterai ini dapat memudahkan siswa dan guru dalam mencari informasi atau pembelajaran di dunia maya,” ungkap Noptin selaku Ketua Program Studi Teknik Elektronika Telekomunikasi

Sementara itu, Kepala Sekolah MAN 2 Pekabaru Norerlinda, M.Pd. mengucapkan terimakasih atas kontribusi PCR untuk peningkatan dan percepatan informasi yang diberikan kepada MAN 2 Pekanbaru berupa stasiun pengisian baterai smartphone.

“Terima kasih kami ucapkan kepada Politeknik Caltex Riau khususnya untuk Program Studi Teknik Elektronika Telekomunikasi dan Teknik Telekomunikasi atas terjalinnya kerja sama antara PCR dengan MAN 2 Kota Pekanbaru dalam bentuk Pengabdian kepada Masyarakat. Semoga sumbangsih ilmu dan peralatan yang telah diberikan bisa dimanfaat oleh siswa-siswi kami dan kedepan kami harapkan jalinan kerja sama tetap bisa terjaga mungkin dalam bentuk yang lebih luas, bisa adakan training atau workshop dalam bidang teknologi sesuai background Politeknik Caltex Riau kepada seluruh civitas MAN 2 Kota Pekanbaru,” pungkasnya

Stasiun pengisian baterai smartphone ini dibuat oleh dosen dan mahasiswa program studi Teknik Telekomunikasi dan Teknik Elektroni Telekomunikasi. Para dosen dan mahasiswa mengintegrasikan beberapa komponen seperti solar panel, solar charger controller, baterai dan usb hub.

Sistem kerja dari alat ini yaitu, baterai yang ada di stasiun pengisian ini akan dilakukan pengecasan menggunakan panel surya pada siang hari. Daya yang tersimpan pada baterai tersebut dapat langsung mengalirkan listrik dan mampu mengisi baterai 4 smartphone dalam waktu bersamaan.

  • Berita
Bagikan ke teman