PCR Jadi Tuan Rumah Olimpiade Mikrotik Nasional dari APJIII 2016

Politeknik Caltex Riau (PCR) akan menjadi tuan rumah acara Olimpiade Jaringan Mikrotik – APJII 2016. Olimpiade ini adalah prakarsa dari Citraweb Nusa Infomedia (Citraweb), dan diselenggarakan bersama antara Citraweb Nusa Infomedia dan Asosiasi Penyelenggara Jasa Jaringan Indonesia (APJII). Mengajak PCR sebagai tuan rumah, acara akan

 

diadakan di auditorium Kampus PCR pada 27 September mendatang. Acara Olimpiade ini merupakan Olimpiade tingkat nasional yang juga menjadi bagian dari rangkaian Peringatan Hari Jadi APJII ke 20, dan MikroTik User Meeting 2016 Indonesia.

Menurut panitia pihak PCR, Sugeng Purwantoro, Kegiatan ini akan diikuti oleh 43 tim dari 5 Provinsi, yakni Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi dan Sumatera Selatan. "Kegiatan yang di PCR ini merupakan babak penyisihan sebelum ke tingkat nasional. Selain Pekanbaru, babak penyisihan juga dilaksanakan di Makasar, Surabaya, Yogyakarta dan Bandung. Tiap tim dari sekolah mengirimkan 2 orang perwakilan peserta," jelasnya. 

Lebih lanjut menurut Sugeng, acara ini bertujuan mengasah dan mendorong penguasaan ilmu jaringan untuk siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Indonesia, khususnya SMK yang memiliki jurusan Teknis Komputer dan Jaringan (TKJ).

"APJII menggandeng PCR dalam acara ini karena di PCR sendiri memang mendalami masalah jaringan di beberapa program studinya. Dan kemampuan mengelola jaringan termasuk kompetensi yang harus didalami mahasiswa. Karena Kemampuan mengelola jaringan ini adalah salah satu ketrampilan yang dibutuhkan oleh dunia kerja, seiring dengan hampir semua jenis perusahaan bermigrasi menggunakan sistem komputerisasi dan jaringan," paparnya.

Olimipiade ini membekali siswa dalam kemampuan softskill jaringan. MikroTik sendiri salah satu perangkat jaringan yang saat ini banyak digunakan di dunia industri dan operator telekomunikasi. Ketrampilan untuk mengkonfigurasi Mikrotik juga banyak diajarkan di SMK-SMK, khususnya yang memiliki jurusan TKJ. Dalam prakteknya, PCR  juga sangat fokus dalam memberikan pemahaman softskill dalam kompetensi lain guna membekali para lulusan dalam menghadapi dunia kerja. 

  • Berita
Bagikan ke teman

Komentar