PCR Kembali Menjadi Tuan Rumah ABEC

Pada 2016 ini, Politeknik Caltex Riau (PCR) kembali menjadi tuan Rumah Seminar Nasional Teknologi yang diadakan bersama 2 Politeknik Ternama, yakni Politeknik Negeri Batam dan Politeknik Manufaktur Bangka Belitung. Bertajuk Apllied Business and Engineering Conference (ABEC), seminar ini ditujukan sebagai sarana publikasi antar insan peneliti, akademisi dan praktisi.

 

Seperti yang dipaparkan ketua penyelenggara, Siska Novita Posma, kegiatan ini merupakan kali keempat diadakan ketiga politeknik tersebut. “Pada dasarnya kegiatan tersebut diselenggarakan guna menambah cakrawala pengetahuan dalam bidang rekayasa dan bisnis terapan,” paparnya.

Kegiatan tahun ini mengangkat tema ‘Inovasi Teknologi dan Strategi Ekonomi untuk Memperkuat Daya Saing Bangsa’ dan menghadirkan Prof. Dr. Ir. Muhammad Nuh, DEA, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (2009-2014) sebagai pembicara utama. ABEC keempat kali ini akan menyajikan 165 pemakalah dari 64 judul paper.  

Menurut Direktur PCR, Dr. Hendriko, perhelatan ABEC pada awalnya dicanangkan PCR bersama Politeknik Negeri Batam dan kemudian bergabung juga Polman Bangka Belitung. Namun, tujuan selanjutnya juga ingin mengajak seluruh politeknik di Sumatera untuk turut serta bergabung. “Tahun ini giliran PCR menjadi tuan rumah, yang mana sebelumnya diselenggarakan di Politeknik Negeri Batam. Sebenarnya ini adalah kegiatan yang juga mengajak seluruh Politeknik di Sumatera agar bisa bergabung sehingga tahun depan bisa diselenggarakan di tempat yang baru lagi. Untuk awal memang PCR dan Politeknik Negeri Batam pelopornya. Kemudian baru Polman Bangka Belitung ikut serta,” jelasnya.

Acara dibuka pukul 08.30 dan dilanjutkan orasi ilmiah dari pembicara utama. Setelah makan siang, diskusi panel dilaksanakan dalam ruangan yang telah ditentukan panitia. Dibagi dalam delapan kelompok, peserta dibagi menjadi 8 ruangan dalam 1 diskusi panel tersebut. 

  • Berita
Bagikan ke teman

Komentar