Dosen PCR Kembali Mengadakan Workshop untuk PSBR Pekanbaru

30 siswa-siswi dari Panti Sosial Bina Remaja Rumbai (PSBR) Pekanbaru datang ke Kampus Politeknik Caltex Riau (PCR) Sabtu, 11 Februari 2017. Siswa-siswi ini datang untuk mengikuti kegiatan Workshop Online Marketplace yang diselenggarakan oleh dosen-dosen Jurusan Teknik Komputer PCR. Pada kegiatan ini, siswa-siswi diajarkan pengetahuan dan keterampilan mengenai teknik promosi usaha, barang, dan jasa dengan memanfaatkan online marketplace. Dengan adanya pengetahuan dan keterampilan ini, siswa-siswi diharapkan dapat membangun wirausaha mandiri dengan kemampuan promosi berbasis IPTEK ketika mereka telah lulus dari PSBR.

 

Seperti yang dipaparkan ketua pelaksana kegiatan, Ibu Indah Lestari S.S.T., M.T., "Kegiatan ini merupakan bentuk nyata dari salah satu Tri Dharma kami sebagai dosen berupa Pengabdian kepada Masyarakat. Dipilihnya topik online marketplace sebagai materi workshop dikarenakan saat ini trend-nya memang ke arah toko online. Selain gratis, toko online seperti OLX dan Tokopedia memberikan jangkauan promosi yang luas. Sehingga, siswa-siswi juga tidak perlu memikirkan biaya untuk menyewa toko atau mencetak brosur promosi" ujarnya.

 

3 Sesi Kegiatan

Kegiatan yang didanai dari program Hibah Internal PCR tahun 2016 ini, dilaksanakan mulai pukul 08.00 pagi. Dimulai dengan registrasi peserta dan pembukaan acara, kegiatan ini dibagi menjadi 3 sesi. Sesi pertama, siswa-siswi PSBR dipandu untuk membuat sebuah E-mail yang nantinya akan digunakan untuk pembuatan akun pada online marketplace. Pada sesi kedua, siswa siswi diajarkan untuk membuat sebuah akun pada online marketplace OLX. Setelah berhasil, mereka kemudian diajarkan untuk membuat sebuah iklan promosi sesuai dengan keterampilan yang mereka dapatkan di PSBR seperti tata rias, tata busana, otomotif, dan pengelasan. Setelah istirahat sejenak, sesi ketiga dilanjutkan dengan online marketplace Tokopedia. Pada sesi ini mereka juga diajarkan untuk membuat akun Tokopedia hingga iklan mereka dapat diakses secara online.

Siswa siswi tampak antusias selama berlangsungnya workshop. Mereka dengan kreatif menuliskan slogan dan deskripsi produk/jasa yang mereka tawarkan sehingga menarik bagi calon pelanggan. Sepanjang kegiatan, mereka juga dipandu oleh tim instruktur dari mahasiswa-mahasiswi program studi Sistem Informasi dan laboran PCR. Para instruktur secara proaktif mendampingi siswa siswi, langkah demi langkah, dalam mengikuti modul workshop yang disediakan. Setiap sesi juga diselingi pertanyaan-pertanyaan dari para dosen terkait materi yang baru diajarkan. Bagi jawaban yang benar, siswa-siswi mendapatkan hadiah berupa makanan dan minuman ringan.

 

Testimoni PSBR

Menurut Bapak Budi Prayitno S.S.T, salah satu pendamping siswa-siswi dari PSBR, keluarga besar PSBR sangat berterima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada siswa-siswi untuk mendapatkan ilmu dan pengalaman terkait online marketplace.

"Kami sangat mengapresiasi kerjasama yang telah berjalan secara rutin selama 3 tahun belakangan ini. Sesuai dengan moto PSBR, Langkah Pasti menuju Mandiri, PCR telah membantu merealisasikan moto ini dengan topik-topik workshop yang mendukung promosi usaha lulusan PSBR nantinya. Harapan kami semoga kerjasama ini terus berlanjut dan kedepannya bisa dilaksanakan 2 kali setahun mengingat PSBR sendiri memiliki 2 siklus pendidikan setiap tahunnya", ujarnya.

Akhir Kegiatan

Kegiatan workshop ditutup dengan serah terima sertifikat kepada para peserta dan pemberian kenang-kenangan dari PCR kepada pihak PSBR. Selanjutnya, para siswa siswi, pendamping, dan panitia workshop melakukan foto bersama sebagai dokumentasi kegiatan. Seluruh kegiatan berjalan dengan lancar dan selesai pada pukul 12.30 siang.

  • Berita
Bagikan ke teman

Komentar