Badan Legislatif Mahasiswa PCR Ikuti Munas Forum Lembaga Legislatif Mahasiswa Indonesia 2017

Badan Legislatif Mahasiswa (BLM) PCR mengikuti agenda tahunan Musyawarah Nasional Forum Lembaga Legislatif Mahasiswa Indonesia (FL2MI) 2017 pada tanggal 19 – 24 Februari 2017 di Sekolah Tinggi Manajemen Logistik (STIMLOG) , Bandung.

 

BLM PCR mengutus 3 orang mahasiswa yaitu Ridho Gunawan program studi Teknik Elektronika Telekomunikasi, M. Ilham Novitra program studi Teknik Informatika dan  Angga Wardana program studi Teknik Elektronika.

Ridho Gunawan mengungkapkan bahwa Munas tersebut bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi dan rasa persaudaraan antara Lembaga Legislatif Mahasiswa Perguruan Tinggi se-Indonesia dan juga menambah pemahaman tentang sosok seorang legislator serta perannya di Lembaga Legislatif masing-masing Perguruan Tinggi.

“Munas tahun ini bertema “The Power of Legislative” memiliki tujuan untuk terwujudnya Forum Lembaga Legislatif Mahasiswa Indonesia sebagai forum penampung aspirasi Lembaga Legislatif Mahasiswa yang selanjutnya dibahas dalam forum bersama DPD-RI atau DPR-RI, melaksanakan pelaporan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) Forum Lembaga Legislatif Mahasiswa Indonesia (FL2MI) oleh Koordinator Pusat dan Koordinator Wilayah, melaksanakan Pemilihan Koordinator Wilayah dan Koordinator Pusat, melaksanakan pembahasan Garis Besar Haluan Kerja dan Rekomendasi Kerja FL2MI satu tahun kedepan, dan menindaklanjuti hasil Musyawarah Kerja Nasional 2016,” ungkap Ridho.

Munas FL2MI di awali dengan pembukaan yang dihadiri oleh Petinggi Kampus STIMLOG serta DPR-RI. Setelah dari pembukaan, kegiatan kemudian dilanjutkan ke Pelatihan Legislatif 3 yang mendatangkan salah satu saff dari DPR-RI. Disini dilakukan sharing session tentang DPR-RI serta pembekalan ilmu-ilmu bagaimana menjadi seorang legislator. Kemudian dilanjutkan dengan Sidang Pleno 1 untuk membahas tentang tata tertib persidangan.

Sedangkan pada hari kedua dan ketiga, kegiatan dilanjutkan dengan agenda Sidang Pleno 2 untuk membahas mengenai Lembar Pertanggung Jawaban (LPJ) pengurus pusat FL2MI periode 2016 – 2017, pembahasan AD/ART, Garis Besar Haluan Kerja (GBHK), Rekomendasi Kerja, pemilihan Koordinator Pusat periode 2017 -2018.

Disampaikan oleh Ridho, peserta pada Munas tersebut  berjumlah total 300 orang lebih yang berasal dari berbagai Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia. Mereka sangat antusias mengikuti seluruh rangkaian agenda kegiatan. “Suasana sidang yang intens serta pengalaman saling berbagi ilmu tak dapat saya lupakan. Apalagi pada hari keempat dilakukan acara audiensi Akbar Bersama Pejabat Tinggi Negara Republik Indonesia, Ketua Komisi X DPR-RI Bapak H. Teuku Riefky Harsya. Lalu dilanjutkan dengan Field Trip mengelilingi Kota Bandung pada esok harinya, yang dimulai dari Alun-alun kota, Pasar baru, hingga Gedung Sate.”

Kedepannya, agenda Munas FL2MI akan dilanjutkan dengan agenda RAKERNAS yang akan dilaksanakan di Sulawesi pada bulan 6 Mendatang.  RAKERNAS ini akan membahas tentang perencanaan, strategi dan langkah FL2MI di masa yang akan datang.

  • Berita
Bagikan ke teman

Komentar