PCR Resmi Menjadi Member Institution dari Oracle Academy

Politeknik Caltex Riau (PCR) selalu memperbaharui materi ajar yang diselaraskan dengan perkembangan teknologi di masyarakat dan industri. Saat ini, PCR sudah resmi menjadi Member Institution dari Oracle Academy. Hal ini dipicu oleh perkembangan perangkat ajar dan materi ajar menjadi fokus dan selalu menjadi perhatian pengembangan pendidikan di PCR. Oracle sebagai salah satu perusahaan pengembang perangkat lunak kaliber dunia di bidang basis data dan juga pemrograman java, membentuk program Oracle Academy. Jurusan Komputer menyelaraskan kebutuhan dan perkembangan ini dengan mengirim dosen dosennya untuk mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh Oracle Academy.

 

Menurut Ardianto Wibowo S.Kom, M.T., yang merupakan salah satu dosen PCR yang diutus untuk mengikuti training di Oracle Academy (OA) ini, program ini merupakan merupakan program CSR-nya Oracle ke masyarakat melalui perantara institusi pendidikan dalam bentuk Training of Trainer (ToT). Jenis ToT di OA ada 2 sendiri ada 2, yaitu Oracle Database Design and SQL Programming serta Java Fundamental.

“Untuk tahun 2017 ini, pelaksanaan ToT OA sudah merambah sampai wilayah Sumatera. Di Riau, Oracle Database Design and SQL Programming dilaksanakan di PCR.  Peserta dari training ini  harus seorang dosen yang institusinya telah menjadi partner OA yang disebut sebagai Faculty Member. Setelah lulus ToT ini, setiap dosen berhak untuk membuka kelas kuliah dengan materi mengikuti OA,” jelasnya.

Fasilitas yang disediakan OA berupa sistem e-learning lengkap dari materi hingga pengayaan, serta sertifikat buat para mahasiswa. Dosen mengadopsi kurikulum OA menjadi bagian dari perkuliahannya. Di PCR, materi OA menjadi bagian dari mata kuliah terkait yang diajarkan di program studi Teknik Informatika dan program studi Sistem Informasi.

“Di PCR sendiri, Insya Allah kurikulum OA akan dimasukkan mulai angkatan 2017 sejalan dengan revisi kurikulum,” tambah Ardianto.

  • Berita
Bagikan ke teman

Komentar