Studi Banding AMIK Mahaputra Pekanbaru ke PCR

Tanggal 17 Mei 2017, AMIK Mahaputra Riau mengunjungi Politeknik Caltex Riau (PCR) dalam rangka studi banding tata kelola institusi. Kunjungan tersebut merupakan hasil tindak lanjut dari kegiatan Training Auditor yang diselenggarakan oleh Kopertis Wilayah X pada tanggal 1 Maret 2017. Pada saat training tersebut hadir sejumlah calon Auditor Internal dari berbagai Perguruan Tinggi Swasta di Provinsi Riau dan Kepulauan Riau. Saat itu Politeknik Caltex Riau ditunjuk sebagai salah satu dari 3 Institusi yang menjadi tempat pelaksanaan Simulasi Audit Mutu dalam pelatihan tersebut.

 

Kedatangan AMIK Mahaputra Riau disambut oleh Pembantu Direktur  Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Pembantu Direktur Bidang Keuangan Kepegawaian dan Umum, Pembantu Direktur Bidang Kerjasama Bisnis dan Pemasaran dan Kepala Unit Penjaminan Mutu (UPM). Perwakilan Pimpinan AMIK Mahaputra yang hadir antara lain Direktur, Ibu Catriwati,S.Pd, M.M, Perwakilan Yayasan, Wakil Direktur Bidang Akademik, Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan, Ketua Program Studi dan Ketua Penjaminan Mutu.

Kunjungan ini mendiskusikan berbagai macam hal terkait tata kelola institusi. Diskusi yang dilakukan diarahkan kepada sharing suasana dan budaya akademik, mekanisme penjaminan mutu internal, mekanisme anggaran, pelaksanaan akreditasi baik akreditasi program studi ataupun institusi dan mekanisme tracer study.

Bagi PCR, budaya disiplin merupakan salah satu budaya yang selalu dipegang teguh. Penerapan budaya disiplin haruslah menjadi kesadaran sivitas akademika di PCR. Karena semua proses yang dilakukan harus sesuai dengan standar-standar yang sudah ditetapkan. Hal itulah menjadi pegangan PCR dalam menjalankan pengelolaan PCR, sehingga budaya tersebut telah mengakar ke semua civitas akademika PCR. Budaya ini menjadi bahan diskusi yang menarik pada saat studi banding tersebut.

Selain itu, Kepala Unit Penjaminan Mutu PCR juga menjelaskan tentang mekanisme Akreditasi yang dilakukan PCR. Bagi PCR, proses akreditasi adalah proses yang hampir selalu dilakukan setiap tahun. Hal ini perlu dipersiapkan untuk menyesuaikan semua proses internal yang dilakukan agar terarah dan dapat menjawab kebutuhan akreditasi. Persiapan yang dilakukan PCR memakan waktu satu tahun. Kegiatan tersebut memang dipersiapkan dengan baik dan didukung oleh pimpinan PCR.

Terkait pelaksanaan akreditasi tersebut, peran Monitoring dan Evaluasi serta Audit Mutu Internal menjadi sangat penting. Kegiatan tersebut rutin dilaksanakan di PCR untuk mendukung perbaikan tata kelola dan manajemen institusi. Melalui kegiatan tersebut dapat diidentifikasi tata kelola yang harus diperbaiki dan dikuatkan agar tata kelola institusi menjadi lebih baik. Artinya semua pelaksanaan kegiatan diharapkan dilaksanakan sesuai dengan Manual Prosedur yang ditetapkan. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan melakukan Audit Mutu internal secara berkala dan terstruktur.

Informasi tata kelola yang disampaikan tersebut mendapat respon yang sangat baik dari Pimpinan AMIK Mahaputra, sehingga banyak diskusi yang dilakukan dalam rangka saling membuka pemahaman dan pandangan tentang pengelolaan perguruan tinggi.

Sebelum penutupan kegiatan, Pembantu Direktur Bidang Kerjasama Bisnis dan Pemasaran juga menceritakan mekanisme Tracer Study yang dilakukan PCR. Dalam 2 tahun terakhir PCR selalu mendapat Hibah dari Ristek Dikti dalam pengembangan Pusat Karir dan Pelaksanaan Tracer Study. Sehingga dengan bantuan Hibah dari Pemerintah tersebut pelaksanaan Tracer Study dan penguatan Pusat Karir dilaksanakan menjadi lebih baik. Hasilnya pada tahun 2016, Politeknik Caltex Riau menjadi salah satu Perguruan Tinggi dengan capaian tracer study terbaik.

Study Banding ini berakhir pada pakul 17.00 WIB dan ditutup dengan prosesi saling tukar menukar plakat dari kedua institusi. Kegiatan ini disambut positif oleh kedua belah pihak dalam rangka meningkatkan peran Perguruan Tinggi Swasta dalam mencerdaskan masyarakat Riau Khususnya dan Indonesia pada umumnya. Kegiatan ini ditutup oleh Pembantu Direktur Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Politeknik Caltex Riau.

  • Berita
Bagikan ke teman

Komentar